Ini Dia Bahaya Makanan yang Mengandung Gluten

Ini Dia Bahaya Makanan yang Mengandung Gluten

Pencernaan bisa terganggu jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. --

Alergi

Beberapa orang rentan mengalami alergi karena konsumsi gluten. Hal ini dikarenakan senyawa peptida dalam gluten dapat menyebabkan tubuh menolak untuk menyerap gluten. Sehingga membuat tubuh rentan mengalami alergi.

BACA JUGA:Laporan Pungli di PPDB di Kota Bengkulu Nihil

Sesak napas

Selain gangguan pencernaan, gluten juga dapat mengganggu sistem pernapasan. Salah satunya membuat  kamu mengalami sesak napas. Oleh karena itu, penderita asma atau sesak napas dianjurkan menghindari makanan yang mengandung gluten.

Makanan yang mengandung gluten

Nah, agar bisa mengurangi gluten masuk ke tubuhmu, kamu tentu wajib tahu daftar makanan yang mengandung gluten. Berikut beberapa di antaranya:

Oatmeal

Oatmeal mungkin merupakan salah satu pilihan menu sarapan yang banyak digemari. Selain cukup mengenyangkan, oatmeal juga kerap dicap sebagai makanan sehat. Namun sayang, oatmeal mengandung kadar gluten yang cukup tinggi, sehingga kamu harus mengurangi konsumsi makanan yang satu ini. Tapi jika kamu pecinta oatmeal, kamu tetap bisa mengonsumsinya dengan cara yang lebih sehat. Caranya dengan memilih produk oatmeal dengan label gluten free.

BACA JUGA:H-2 Puncak Pelaksanaan Tabut, Volume Sampah Meningkat

Makanan dengan kecap

Beberapa kuliner di Indonesia tidak bisa dipisahkan dari kecap. Nah, bahan utama kecap adalah kacang kedelai  hitam. Tapi dalam pembuatannya,  gandum juga digunakan untuk memastikan proses fermentasi bekerja dengan sempurna.

Nah, campuran gandum pada proses fermentasi sangat mempengaruhi rasa manis atau asin, sehingga membuat kecap menjadi makanan tinggi gluten. Jadi, jika kamu sedang melakukan  diet bebas gluten, cek dulu komposisi  kecap yang biasanya ada di kemasannya untuk melihat apakah mengandung gandum atau tidak.

Roti

Sebagian besar roti dibuat dari tepung terigu, yang erat kaitannya dengan kandungan glutennya yang tinggi. Roti juga sering digunakan sebagai bahan utama junk food, seperti hamburger. Namun jangan khawatir, kini sudah ada beberapa produsen yang menggunakan tepung terigu bebas gluten. Roti bebas gluten ini biasanya dibuat dengan tepung tapioka, tepung jagung, kelapa, atau almond. Cek  label kemasan untuk memastikan komposisinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: