Mengatasi Gangguan Infertilitas, Pilih Obat Mandul atau Operasi?

Mengatasi Gangguan Infertilitas, Pilih Obat Mandul atau Operasi?

Ada baiknya Anda dan pasangan membuat rencana mengenai seberapa jauh Anda berdua akan menjalani pengobatan infertilitas. --

Injeksi sperma ke dalam sel telur.
Pada prosedur ini, satu sperma sehat langsung disuntikkan ke sel telur yang sudah matang. Umumnya prosedur ini dilakukan pada kondisi sperma yang terlalu sedikit, masalah pada air mani, atau kegagalan upaya pembuahan dengan prosedur FIV.

Donasi sel telur atau sperma.
Timbul berbagai pro kontra terhadap hal ini, termasuk di Indonesia. Donasi sel telur atau sperma diperoleh dari pendonor, jika salah satu dari pasangan bermasalah dengan kesuburannya. Proses donor sel telur biasanya menggunakan prosedur FIV.

Memahami Risiko Tindakan dan Komplikasi  
Penggunaan obat-obatan atau hormon untuk menstimulasi ovulasi yang bertujuan memperbesar kemungkinan kehamilan, memiliki risiko untuk wanita. Sementara, komplikasi untuk pria lebih jarang ditemui. Untuk itu, tanyakan lebih lanjut kepada dokter mengenai:

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Khodam dalam Islam, Apakah Haram? Ini Kata Ustaz Abdul Somad

- Risiko sindrom hiperstimulasi ovarium akibat penggunaan obat-obat penyubur, karena ovarium membengkak dan menimbulkan rasa sakit. Timbul dengan gejala beragam, mulai sakit perut ringan, kembung dan mual, hingga penambahan berat badan yang cepat, serta sesak napas yang memerlukan penanganan darurat.
- Risiko pendarahan dan infeksi pada pelaksanaan prosedur teknologi reproduksi berbantu.
- Risiko mengandung bayi kembar. Dewasa ini, diperkirakan 30 – 50% bayi kembar lahir dari ibu yang menjalani bayi tabung. Tanyakan mengenai kemungkinan prosedur yang dapat meminimalisasi kemungkinan tersebut. Minta penjelasan lebih lanjut terkait dengan mengandung janin lebih dari satu, mengingat kehamilan tersebut termasuk berisiko tinggi.
- Risiko melahirkan prematur dengan usia bayi belum cukup umur.

Proses untuk mengatasi kemandulan membutuhkan berbagai pertimbangan dan kerja sama berbagai pihak, selain Anda dan pasangan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: