Inilah 8 Cara Cepat dan Ampuh Menghilangkan Sensasi Kecabean di Tangan

Inilah 8 Cara Cepat dan Ampuh Menghilangkan Sensasi Kecabean di Tangan

Ilustrasi - Cara cepat dan ampuh menghilankan sensasi kecabean -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Setelah memasak atau mengonsumsi makanan pedas sering kali sebagian orang mengalami "kecabean".

Istilah kecabean merupakan sensasi rasa panas yang menempel di tangan dan sulit hilang setelah memasak atau memakan makanan yang menggunakan cabai di dalam campuran sajiannya. 

Rasa pedas ini berasal dari senyawa bernama capsaicin yang sering kali bisa menimbulkan rasa kebas dan panas di tangan. Hal ini juga dapat menimbulkan reaksi susulan berupa kulit kemerahan dan berkeringat.

Saat mengalami kecabean, mencuci tangan saja kadang tak cukup. Untuk itu, perlu bantuan beberapa bahan lainnya yang bisa meredakan rasa panas dan pedas di tangan akibat cabai. Berikut simak sejumlah cara menghilangkan pedas di tangan. 

BACA JUGA:Manusia yang Dilindungi Khodam Sulaiman, Ini Ciri-cirinya

1. Sabun cuci piring

Sabun cuci piring adalah alternatif pertama yang bisa menghilangkan rasa panas saat kecabean. Sabun cuci piring ternyata juga dapat berperan mengatasi rasa pedas di tangan. 

Sabun cuci piring memiliki kandungan yang mampu melunturkan minyak cabai dan paprika. Sehingga dapat membantu menghilangkan sisa-sisa capsaicin yang menempel di tangan.

2. Gel aloevera

Gel lidah buaya dapat membantu mengatasi pedas dan panas pada kulit akibat cabai karena memiliki efek cooler. Hal ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga kulit yang terasa panas dapat mereda.

Namun, jika kamu memiliki indikasi alergi terhadap lidah buaya, ada baiknya untuk menghindari menggunakannya.

BACA JUGA:Suka Olahraga Menyelam? Ini Manfaatnya dan Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

3. Minyak sayur

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan minyak sayur. Kamu dapat digunakan dengan mengoleskan minyak sayur pada kapas, kemudian oleskan kapas tersebut ke permukaan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: