Simak 5 Bahaya Konsumsi Makanan Pedas Secara Berlebihan

Simak 5 Bahaya Konsumsi Makanan Pedas Secara Berlebihan

Bahaya konsumsi makanan pedas-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Di Indonesia makanan pedas merupakan makanan favorit semua orang. Banyak sekali masakan yang mengusung rasa pedas

Apalagi akhir-akhir ini, makanan pedas menjadi sangat booming sekali di masyarakat. Mulai dari keripik bumbu pedas, seblak mercon, mie dengan bumbu pedas hingga hidangan berat dengan bumbu pedas.

Jumlah pengemar makanan pedas juga cukup banyak, dari mulai anak-anak hingga orang tua. Namun tidak sedikit yang khawatir dengan bahaya makanan pedas yang akan mengintai para pengemar tersebut. Lantas, apa bahaya konsumsi makanan pedas secara berlebihan? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1. Diare 

Cabai memiliki kandungan capsaicin yang berpotensi untuk menimbulkan rasa terbakar. Ini lah yang menyebabkan kita merasakan sensasi panas di tangan ketika menyentuh cabai. 

Sebenarnya sensasi pedas tidak melukai sistem pencernaan secara langsung, melainkan memicu serabut saraf yang pada akhirnya memicu sensasi lainnya, termasuk pergerakan usus yang menjadi semakin cepat dan menyebabkan diare.

BACA JUGA:Agar Lambung Tetap Sehat dan Bebas Penyakit, dr Zaidul Akbar: Konsumsi Buah Enak Ini

2. Menyebabkan penyakit maag

Seorang yang sering makan makanan yang pedas, dalam jangka waktu lama kemungkinan besar dapat menderita penyakit maag. Maag juga dapat mengarah ke maag dalam tingkatan yang akut.

Gejala - gejala jika lambung anda terkena maag adalah mual, perut kembung, muntah hingga diare.

3. Menjadi penyebab sakit pada dinding lambung

Pedas menjadi salah satu faktor yang dapat membuat asam lambung meningkat. Memakan makanan pedas dalam jumlah yang banyak akan membuat asam lambung meningkat dalam jumlah yang banyak pula. Jika asam lambung ini dalam jumlah banyak, maka akan mengiritasi dinding lambung.

4. Efek Terbakar pada Kulit

Memegang cabe atau makanan pedas lainnya sebelum dikonsumsi dapat mengakibatkan tangan anda mengalami sindrom tangan Hunan. Sindrom tangan Hunan ini berupa sakit, kemerahan serta bengkak di area kulit yang terkena makanan pedas tadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: