Inilah 5 Penyebab Gigi Mobil Tidak Dapat Pindah Secara Tiba-tiba

Inilah 5 Penyebab Gigi Mobil Tidak Dapat Pindah Secara Tiba-tiba

Penyebab gigi mobil tidak bisa pndah secara tiba-tiba-Pinterest -

Band yang rusak bisa menyebabkan slip pada gigi, sehingga gigi tidak bisa bertahan pada posisi yang seharusnya.

Perbaikan atau penggantian komponen internal ini biasanya membutuhkan Penanganan lebih serius lantaran diharuskan untuk pembongkaran transmisi. 

3. Kurangnya Pelumas dan Kotor

Masalah berikutnya yang menyebabkan transmisi mobil matic tidak bisa melakukan perpindahan gigi secara otomatis yakni volume oli yang berkurang.

BACA JUGA:Tips Cara Pindah Gigi Mobil Matic saat Jalan untuk Pemula

Seperti diketahui oli transmisi berfungsi sebagai pelumas untuk melindungi material di dalam sekaligus mengurangi gaya gesekan.

Jumlah oli yang kurang dapat menyebabkan komponen transmisi tidak mendapatkan pelumasan yang cukup.

Dengan begitu menimbulkan gesekan yang besar serta menimbulkan pasan berlebih yang dapat merusak transmsisi.

Kondisi oli yang sudah kotor akibat telat melakukan penggantian juga bisa menghambat aliran serta fungsi oli sebagai peranan utamanya.

Untuk itu baiknya lakukan pengecekan oli transmisi matic mobil melalui dipstick maupun lakukan penggantian setiap pemakaian 20.000 km, dengan menggunakan oli transmisi yang direkomendasikan oleh pabrikan.

BACA JUGA:Begini Cara Membuat Plat Nomor Cantik Serta Persyaratannya!

4. Kerusakan Sensor dan Kabel

Seperti yang disampaikan sebelumnya mobil transmisi matic masa kini sudah menggunakan modul untuk melakukan perpindahan gigi secara otomatis.

Modul mendapatkan sinyal dari sensor yang selanjutnya memerintahkan gear supaya berpindah. Sensor memonitor berbagai parameter seperti kecepatan serta posisi tuas gigi.

Sensor yang mengalami malfungsi mengakibatkan sinyal yang dikirim ke modul menjadi salah bahkan tidak terbaca sama sekali, sehingga perpindahan gigi tidak bisa dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: