Inilah 5 Penyebab Gigi Mobil Tidak Dapat Pindah Secara Tiba-tiba

Inilah 5 Penyebab Gigi Mobil Tidak Dapat Pindah Secara Tiba-tiba

Penyebab gigi mobil tidak bisa pndah secara tiba-tiba-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu permasalahan para pengendara saat mengendarai mobil matic adalah gigi mobil yang tidap dapat dipindah secara tiba tiba. 

Tentu hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya perawatan serta gaya berkendara yang kasar. 

Gigi mobil yang tidak dapat dipindah secara tiba-tiba akan menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan bisa terjadinya risiko kecelakaan. 

Oleh karena itu penting untuk Anda mengetahui apa saja penyebab gigi mobil matic tidak dapat di pindah. Penasaran apa saja penyebabnya? Yuk cari tahu jawabannya dengan menyimak ulasan di bawah ini. 

BACA JUGA:Semakin Kotor Semakin Stabil, Berikut 5 Tanda Warna Busi yang Bagus

1. Rusak Pada Bagian Modul

Mobil dengan transmisi matic modern memiliki perangkat elektronik berupa modul yang berfungsi untuk melakukan pengaturan perpindahan gigi secara otomatis menyesuaikan putaran mesin.

Transmission Control Module (TCM) yang mengalami kerusakan tidak dapat memerintahkan perpindahan gigi secara normal.

Gejala yang terjadi biasanya mobil tidak bisa dipacu kencang dengan kondisi RPM tinggi.

Karenanya TCM tidak bisa mengolah data dari sensor dengan baik, sehingga modul tersebut tidak bisa melakukan perintah untuk melakukan perpindahan gigi.

TCM yang rusak bisa disebabkan karena kerusakan pada modul itu sendiri akibat usia pemakaian, serta sistem kelistrikan yang bermasalah.

BACA JUGA:Tinggalkan Perbuatan ini, Ustaz Adi Hidayat: Menghapus Amal Baik, Mendapat Siksa Kubur dan Kekal di Neraka

2. Kerusakan Gear Set

Gear set atau band yang rusak juga bisa menyebabkan gigi tidak mau berpindah. Gear set yang aus atau patah bisa menyebabkan gigi tidak bisa terhubung dengan benar, mengakibatkan mobil tidak bisa berpindah gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: