Inilah 6 Manfaat Jogging Sore untuk Kesehatan Tubuh

Inilah 6 Manfaat Jogging Sore untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat joging sore untuk kesehatan tubuh-Pinterest -

4. Menjaga kesehatan lutut

Banyak orang yang menganggap bahwa sering jogging dapat menyebabkan lutut menjadi keropos. Padahal, sebuah penelitian menunjukkan bahwa jogging yang dilakukan secara rutin dan dengan intensitas yang cukup bermanfaat untuk menjaga kesehatan lutut. 

Hal ini tentunya dapat mengurangi risiko Anda terkena radang sendi lutut.Namun, bila Anda memiliki masalah pada sendi lutut, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menjadikan jogging sebagai pilihan olahraga rutin.

BACA JUGA:Cegah Kehamilan secara Permanen dengan KB Steril

5. Mencegah penyakit jantung

Manfaat jogging sore yang tak kalah penting lainnya adalah mencegah penyakit jantung. Olahraga jogging yang dimulai dari pukul 18.00 sore hingga tengah malam terbukti dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Selain itu, jogging yang dilakukan setiap hari bisa mengurangi kadar lemak dalam tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Dengan begitu, kesehatan jantung pun terjaga dengan baik.

Sebelum melakukan jogging, Anda dianjurkan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu guna mengurangi risiko terjadinya cedera. Setelah selesai, jangan lupa untuk melakukan pendinginan agar tubuh menjadi lebih santai.

6. Meningkatkan Kekuatan Tulang dan Massa Otot

Joging juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Berlari membuat tubuh mempersiapkan tulang untuk menahan tekanan tambahan sehingga bisa memperkuat tulang dan mencegah cedera. 

Selain itu, joging juga melibatkan otot-otot besar seperti otot paha belakang, betis, dan bokong, sehingga membantu mengencangkan tubuh. Setiap kali berolahraga, otot-otot tubuh akan mengalami stres fisik, yang pada akhirnya membuat tubuh lebih kuat.

BACA JUGA:Ini Dia Daftar Perlengkapan Traveling yang Unik dan Berguna

Itulah, manfaat joging sore untuk kesehatan tubuh. Penting untuk diingat bahwa berbagai manfaat jogging sore ini bisa diperoleh apabila dilakukan secara rutin dan konsisten. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: