Simak 5 Cara Mengatasi Audio Laptop yang Tidak Menyala dan Sember

Simak 5 Cara Mengatasi Audio Laptop yang Tidak Menyala dan Sember

Cara mengatasi audio laptop yang mati dan sember -Pinterest -

3. Mengecek Driver Audio

Speaker laptop yang tidak mengeluarkan suara juga bisa disebabkan oleh driver yang bermasalah. Untuk mengecek driver bisa dengan masuk ke menu Device Manager yang dapat kamu temukan dengan mengetikkannya di kolom pencarian. 

Setelah itu, klik Sound Video and Game Controlers. Perhatikan apakah ada tanda seru di sana. Jika ya, artinya driver kurang atau nggak terinstal dengan baik. 

Cara memperbaiki speaker laptop yang nggak nyala karena driver adalah dengan melakukan update driver audio. Jika masalah belum juga berhasil diatasi, kamu mungkin perlu coba me-reinstall driver sesuai petunjuk. Setelah di-Uninstall, restart laptop.

4. Disable/Enable Speaker di Control Panel

Lanjut ke tips berikutnya, bagaimana cara memperbaiki speaker laptop tidak bersuara? Di sini kamu perlu melakukan disable dan enable speaker pada Control Panel. 

Langkah-langkahnya terbilang mudah. Masuklah ke menu Control Panel, lalu pilih opsi Hardware and Sound. Kemudian klik Sound dan kamu akan mendapati tampilan Playback di layar.

Selanjutnya, pilih bagian speaker mana yang kamu gunakan. Setelah itu, untuk men-disable-kan speaker tekan klik kanan. Kamu perlu menunggu beberapa saat sebelum mengaktifkan speaker dengan menekan enable. 

BACA JUGA:Intip 7 Kebiasaan Aneh yang Sering Dilakukan Orang Cerdas, No.7 Di luar Nalar

5. Restart Laptop 

Mungkin saja, kendala ini ditimbulkan oleh adanya service sistem yang bermasalah, atau terdapat aplikasi yang mengontrol atau mencegah untuk menggunakan  speaker. 

Sebelum Anda mencoba metode pemecahan lainnya, silakan lakukan restart  laptop terlebih dahulu, kemudian coba audio untuk melihat apakah masalah speaker / audio telah teratasi atau belum.

Dalam banyak kasus, perbaikan sederhana seperti me-restart laptop, dapat mengatasi berbagai macam masalah yang terjadi pada sistem Windows. 

Itulah sejumlah cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki speaker laptop, mulai dari yang mati dan nggak bersuara, suara semper hingga kemresek. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: