8 Penyebab Sakit Telinga pada Anak dan Cara Mengatasinya

8 Penyebab Sakit Telinga pada Anak dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi - Penyebab sakit telinga pada anak -Pinterest -

3. Perbedaan tekanan udara

Sakit telinga pada anak juga bisa terjadi karena perbedaan tekanan udara, misalnya saat naik pesawat atau mendaki gunung.

Jika tabung telinga tersumbat, peningkatan udara secara tiba-tiba bisa menyebabkan gendang telinga meregang. Kondisi ini membuat nyeri pada telinga, yang umumnya dirasakan saat pendaratan pesawat atau mendaki gunung.

4. Sumbatan cairan di belakang gendang telinga

Dalam istilah medis, masalah telinga yang satu ini disebut otitis media dengan efusi. Masalah ini terjadi ketika saluran Eustachius yang menghubungkan telinga tengah dan belakang hidung tersumbat.

Cairan yang terperangkap di telinga dapat terbentuk akibat cedera atau iritasi pada saluran telinga. Kondisi ini bisa menyebabkan tekanan dan rasa penuh di telinga.

Kondisi tersebut mengakibatkan rasa sakit pada telinga anak =. Misalnya, jika anak mengalami trauma pada telinga atau terkena benda asing yang dapat merusak atau menyumbat saluran telinga, hal ini dapat menyebabkan rasa sakit. 

BACA JUGA:Simak 7 Risiko Masalah Kesehatan Akibat Sering Konsumsi Telur Mentah

5. Swimmer’s ear

Telinga perenang atau otitis eksterna terjadi ketika ada infeksi di saluran telinga bagian luar. Otitis eksterna terjadi ketika terjadi iritasi kulit tipis pembungkus saluran telinga luar dan berkembang menjadi infeksi.

Pada sebagian kasus, kondisi ini terjadi karena pertumbuhan bakteri atau jamur. Umumnya, otitis eksterna terjadi beberapa hari setelah berenang dan memburuk menjadi akut atau kronis.

6. Disfungsi tuba eustachius

Tuba eustachius adalah tabung yang mengalir dari telinga tengah ke nasofaring, bagian belakang hidung dan atas tenggorokan.

Tabung ini membantu menyamakan tekanan yang melintasi gendang telinga. Selain itu, tabung eustachius juga melindungi telinga tengah dari infeksi.

Tabung yang satu ini juga bertugas untuk membersihkan telinga bagian tengah. Sakit telinga pada anak adalah salah satu tanda dari kondisi tuba eustachius yang tidak sehat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: