8 Penyebab Sakit Telinga pada Anak dan Cara Mengatasinya

8 Penyebab Sakit Telinga pada Anak dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi - Penyebab sakit telinga pada anak -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Anak rentan mengalami sakit pada telinga sebelah kanan maupun kiri, yang mungkin bisa membuatnya rewel seharian. Sakit telinga pada anak bisa disebabkan oleh beberapa faktor. 

Meski membuat anak tidak nyaman, ini adalah kondisi yang umum terjadi. Sakit telinga (otalgia) adalah masalah umum yang terjadi pada anak.

Umumnya, penyebab nyeri pada telinga anak adalah tumbuh gigi, sakit tenggorokan, infeksi telinga, atau saluran Eustachius yang tersumbat.

Anak-anak yang usianya kurang dari 5 tahun berisiko tinggi mengalami infeksi telinga, terutama bila anak mengalami infeksi saluran atas, seperti pilek. 

Lantas apa penyebab anak mengalami sakit telinga? Berikut uraian lengkap seputar penyebab sakit telinga pada anak.

BACA JUGA:Deretan Kesalahan dalam Memakai Kondom yang Sering Dilakukan

1. Abses saluran telinga

Salah satu penyebab umum terjadinya sakit telinga pada anak bisa di sebabkan infeksi pada folikel rambut saluran telinga bisa sangat menyakitkan. 

Saat anak mengeluhkan nyeri karena abses, orangtua bisa melihat benjolan merah kecil pada bagian saluran telinga. Terkadang benjolan itu berubah menjadi jerawat dan baru bisa Anda ambil bila sudah kering. 

2. Kotoran telinga masuk ke dalam

Ketika kotoran atau benda asing masuk ke dalam telinga dan tidak dapat keluar dengan mudah, hal ini dapat menyebabkan iritasi, peradangan, bahkan cedera pada telinga. Kotoran telinga yang tersangkut ini bisa menjadi sumber rasa sakit.

Kotoran telinga biasanya diproduksi secara alami oleh telinga untuk melindungi saluran telinga dan menjaga kebersihan.

Namun dalam beberapa kasus, kotoran telinga bisa menjadi terlalu banyak atau terlalu kering, sehingga menyebabkan pengerasan atau pembentukan gumpalan yang dapat tersangkut di dalam saluran telinga.

BACA JUGA:Ingin Berat Badan Turun Drastis Secara Alami, dr Zaidul Akbar Sarankan Rutin Melakukan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: