Simak 7 Risiko Masalah Kesehatan Akibat Sering Konsumsi Telur Mentah

Simak 7 Risiko Masalah Kesehatan Akibat Sering Konsumsi Telur Mentah

Bahaya makan telur mentah -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Terlalu sering mengonsumsi telur mentah ternyata dapat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Makan telur mentah dicampur dengan berbagai jenis minuman dan makanan sudah menjadi kebiasaan sejumlah orang. 

Panganan yang umumnya dikombinasikan dengan telur mentah, di antaranya teh, jamu, minuman energi hingga menu-menu makanan tertentu. Meskipun mengonsumsi telur mentah dianggap biasa bagi beberapa orang.

Namun, sayangnya kebiasaan ini bisa berisiko negatif terhadap kesehatan tubuh. Mau tahu apa saja bahaya di balik makan telur mentah? Berikut bahaya yang mengancam jika Anda sering mengonsumsi telur mentah. 

1. Keracunan Makanan

Telur mentah berisiko mengandung bakteri salmonela. Bakteri ini diketahui bisa terkandung di dalam kuning telur. Apabila Anda makan telur mentah, lalu bakteri ikut masuk ke dalam tubuh, Anda berisiko keracunan makanan.

Tanda Anda mengalami keracunan makanan dapat berupa demam, sakit perut, mual, dan muntah. Selain itu, kondisi penyakit akan lebih berat pada anak-anak serta orang yang lanjut usia.

BACA JUGA:Ingin Diet Berhasil, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Pembakar Lemak Ini Setiap Hari

2. Alergi

Pada saat dikonsumsi dalam keadaan mentah, kandungan zat Lysozyne yang merupakan protein dalam telur dapat memiliki reaksi sebagai antigen dalam tubuh yang dapat menimbulkan resiko alergi bagi yang mengkonsumsinya, terutama bagi mereka yang tidak tahan terhadap protein-protein telur. 

Alergi biasanya ditandai dengan timbulnya rasa gatal-gatal serta ruam pada kulit. Kandungan ovomucoid yang juga terdapat dalam telur juga dapat bermanifestasi terhadap gangguan kulit ini. 

Dimana akibat mengkonsumsi zat ini, bisa terjadi berbagai macam penyakit kulitt seperti gatal-gatal, timbulnya ruam kulit, pembengkakan, papula, urtikaria, serta vesikula.

BACA JUGA:Bisa Mencegah Stres dan Gangguan Kecemasan, Berikut 8 Manfaat Minyak Nilam untuk Kesehatan

3. Tifus (Demam Tifoid)

Selain keracunan makanan, bakteri salmonela yang terdapat di dalam telur mentah juga dapat berakibat pada tifus (demam tifoid).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: