Inilah 7 Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan, Bermanfaat Menurunkan Risiko Kanker Hingga Gangguan Kecemasan

Inilah 7 Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan, Bermanfaat Menurunkan Risiko Kanker Hingga Gangguan Kecemasan

Manfaat buah markisa untuk kesehatan -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagian orang akan menghindari buah markisa untuk dikonsumsi karena rasanya yang cenderung asam. Meski demikian buah yang menawarkan sensasi rasa yang khas ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Markisa adalah buah dari tanaman tropis yang dikenal sebagai Passiflora. Ada dua jenis markisa yang banyak ditemukan di Indonesia, yaitu markisa ungu dan kuning.

Markisa termasuk buah yang dikonsumsi bagian bijinya. Meski banyak dihindari karena rasanya yang khas asam, tidak banyak yang mengetahui jika 

jenis buah markisa ungu merupakan yang paling banyak dibudidayakan karena rasanya paling lezat dengan aromanya yang wangi. 

Sementara itu, markisa kuning merupakan mutasi dari markisa ungu. Jenis bernama ilmiah Passiflora flavicarpa ini berukuran lebih besar dan rasanya lebih kecut. Meskipun berlainan dalam warna dan rasa, kandungan gizi pada buah markisa ungu dan kuning tidak jauh berbeda.

BACA JUGA:Dengkul Keropos Karena Termakan Usia, dr Zaidul Akbar Sarankan Kurangi Ini

Apa saja manfaat buah markisa untuk kesehatan? Yuk, cari tahu jawabanya dengan menyimak ulasan di bawah ini. 

Buah markisa juga kaya akan senyawa tanaman yang memiliki khasiat sebagai antioksidan. Beberapa senyawa yang paling tinggi kandungannya yakni karotenoid dan polifenol.

Berbagai kandungan gizi dalam buah markisa dapat memberikan tubuh Anda manfaat sebagai berikut.

1. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh. 

Manfaat buah markisa yang pertama adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan, kandungan vitamin C, beta-karoten, serta polifenol yang dimiliki buah markisa ini, berperan sebagai antioksidan.

Antioksidan yang terdapat pada buah markisa berguna dalam menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh, agar nantinya tubuh tidak mudah terserang virus. Selain itu, antioksidan juga berperan dalam melawan radikal bebas, yang menjadi pemicu timbulnya berbagai jenis penyakit.

BACA JUGA:Tanpa Disadari 5 Hal Kebiasaan Buruk Ini Dapat Membuat Gigi Maju

2. Menurunkan risiko kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: