Pj Walikota Bengkulu Dorong Puskesmas Jadi BLUD, Beri Target Selesaikan 5 Dokumen

Pj Walikota Bengkulu Dorong Puskesmas Jadi BLUD, Beri Target Selesaikan 5 Dokumen

Pj Walikota Bengkulu Dorong Puskesmas Jadi BLUD-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM –  Seluruh Kepala Puskesmas termasuk Kepala TU dikumpulkan oleh Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi di ruang aula Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Senin 10 Juni 2024.

Didampingi Plt Kadis Dinkes Joni Haryadi dan sekretaris, Arif minta kepada seluruh kepala puskesmas dan KTU untuk menyelesaikan 5 dokumen sebagai syarat untuk menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Pada kesempatan itu pula Arif menyaksikan penandatanganan surat pernyataan kesanggupan kepala puskesmas untuk menyelesaikan 4 dari 5 dokumen persyaratan PPK BLUD puskesmas, yakni dokumen RSB, dokumen SPM, dokumen pola tata kelola puskesmas, dokumen laporan keuangan paling lambat 30 hari kerja.

“Saya minta lima dokumen itu satu bulan selesai dan sudah sampai ke tim penilai. Pagi ini saya sengaja mengumpulkan kepala puskesmas dan KTU karena bapak ibu merupakan ujung tombak dalam penyelesaian dokumen tersebut yakni syarat agar puskesmas ini bisa menjadi BLUD,” ujar Arif.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Dorong Pemenuhan Pemenuhan Stok Hewan Kurban

Karena, kata Arif rencana BLUD ini sudah sejak 2018 namun sampai sekarang belum juga terbentuk. Hal itulah mengapa Pj Walikota menekankan dan memberi target agar prosesnya segera diselesaikan. 

“Kadis melaporkan bahwa seluruh kepala puskesmas sudah diikutkan diklat masalah BLUD ke Jogja agar mengerti dan paham syarat-syarat untuk menjadi BLUD. Kami berharap anggaran yang sudah kita keluarkan untuk diklat itu ada hasilnya. Kita berharap 2024 ini seluruh puskesmas sudah BLUD,” tegas Arif.

Plt Kadis Kesehatan Kota Bengkulu Joni Haryadi mengatakan bahwa seluruh kepala puskesmas sudah berkomitmen untuk menyelesaikan lima dokumen persyaratan BLUD.

BACA JUGA:Jelang Pilkada 2024, Dukcapil Kota Bengkulu Pastikan Blangko KTP Aman

“Mudah-mudahan dengan kepemimpinan pak walikota, BLUD bisa terealisasi jangan hanya rencana-rencana saja. Makanya kita tadi dikumpulkan di sini untuk sama-sama mendengarkan arahan walikota dan sama-sama berkomitmen untuk menjadikan BLUD ini,” ujar Joni. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: