Simak Bagaimana Cara Menggunakan dan Tips Ban Serep Agar Tetap Awet

Simak Bagaimana Cara Menggunakan dan Tips Ban Serep Agar Tetap Awet

Ban serep merupakan salah satu alternatif yang dapat mengantisipasi jika terjadi masalah dalam perjalanan-Pinterest -

Saat menggunakan ban serep, hindari berkendara dengan kecepatan tinggi, terutama melebihi 80 km per jam. Informasi mengenai batas kecepatan ban serep yang digunakan dapat dibaca di buku petunjuk mobil atau yang tertera di ban serep. 

4. Batasi Jarak Tempuh

Setiap jenis kendaraan biasanya memiliki spesifikasi durabilitas jarak yang bisa ditempuh dengan menggunakan ban cadangan. Sebaiknya jangan gunakan ban serep melebihi spesifikasi durabilitas yang telah ditentukan dalam buku panduan.

Jika dipaksakan bisa memicu kerusakan pada kendaraan seperti muncul tekanan pada diferensial, roda gigi hingga kopling yang mengalami kerusakan.

BACA JUGA:Jangan Salah Langkah, Begini Tips dan Cara Memanaskan Mesin Mobil yang Tepat

5. Ban Serep Berpengaruh terhadap Kendali Mobil

Sebelum menggunakan ban serep, Anda juga perlu tahu bahwa penggunaan ban cadangan ini bisa berpengaruh terhadap kendali kendaraan. Pengaruh terbesar yaitu pada saat melakukan pengereman dan cornering.

Nah, itulah penjelasan mengenai bagaimana menggunakan ban serep dengan tetap. Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara merawat ban serep yang tidak dipakai agar tetap awet dan tahan lama, berikut diantaranya: 

1. Cek Tekanan Angin Secara Berkala

Perlu Anda ketahui, meski tidak digunakan tekanan dalam ban serep bisa berkurang karena angin keluar melalui pori-pori pada permukaan karet ban. Maka dari itu, Anda perlu cek kondisi tekanan angin minimal satu bulan sekali untuk memastikan kondisinya.

Oleh karena itu, salah satu cara merawat ban serep mobil adalah dengan mengecek tekanan angin secara berkala. Hal ini untuk memastikan tekanan angin ban serep selalu dalam kondisi yang tepat sehingga kapanpun dibutuhkan bisa langsung digunakan.

BACA JUGA:Simak Langkah dan Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil

2. Perhatikan Usia Ban Serep Mobil

Sama seperti ban biasa, ban serep juga memiliki usia penggunaan. Secara umum, penggunaan ban serep mobil biasanya diberikan batasan maksimal hingga 4 tahun mulai dari awal masa produksi. Meskipun jarang digunakan, jika sudah melewati masa tersebut ada baiknya Anda mengganti ban mobil serep dengan yang baru demi keamanan saat berkendara.

3. Bersihkan Ban Serep Secara Rutin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: