Begini 5 Cara Simpel Menolak Interview Kerja

Begini 5 Cara Simpel Menolak Interview Kerja

Ilustrasi - Cara menolak interview kerja-Pinterest -

4. Sampaikan alasan secara jujur

Dalam menolak interview kerja, kamu tidak diwajibkan untuk memberikan alasan, kamu bisa sampaikan alasan penolakan secara jujur. Namun, pastikan untuk menjaga profesionalisme dan hindari memberikan alasan yang berpotensi merugikan image kamu. 

Misal, kalau kamu menolak karena sudah mendapatkan tawaran kerja di perusahaan lain, kamu bisa sampaikan hal ini dengan jujur mengenai alasan menolak undangan interview kerja. 

5. Tidak perlu beri penjelasan secara rinci

Meskipun baik untuk bersikap jujur, kamu tidak perlu memberi penjelasan rinci tentang mengapa kamu harus menolak undangan interview kerja. Penting untuk menemukan balance yang tepat. 

Pesan yang terlalu singkat bakal terkesan kasar dan kurang sopan, tapi memberikan terlalu banyak alasan spesifik juga bisa meninggalkan kesan negatif. Jadi, kamu bisa kasih beberapa alasan, tapi sebaiknya yang umum seperti "kebutuhan saya telah berubah."

BACA JUGA:Selain Sensasi Dingin dan Menyegarkan, Ada Banyak Manfaat daun mint untuk kesehatan

6. Beri referensi kandidat lain kalau bisa

Kalau kamu kenal seseorang yang mungkin cocok untuk posisi tersebut, silakan sebutkan nama mereka. Ini bisa menciptakan situasi yang saling menguntungkan di mana temanmu menemukan pekerjaan baru dan perusahaan bisa mengisi posisi yang kosong. Pastikan untuk mendapatkan persetujuan temanmu sebelum kamu menyebutkan namanya, ya.

Itulah 5 cara yang bisa kamu coba dan terapkan jika ingin menolak interview kerja dengan lebih baik dan profesional. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: