Begini 5 Cara Simpel Menolak Interview Kerja

Begini 5 Cara Simpel Menolak Interview Kerja

Ilustrasi - Cara menolak interview kerja-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ada banyak sekali alasan kenapa kita menolak tawaran interview saat melamar pekerjaaan. Ada beragam alasan untuk menolak interview kerja seperti, kamu yang sudah diterima kerja di tempat lain atau tidak lagi tertarik sama lowongan yang sempat kamu lamar, atau alasan lainnya. 

Meskipun begitu, apa pun alasannya, kamu bisa menolak interview kerja dengan cara yang tepat. Agar tidak melakukan kesalahan, simak 5 cara menolak interview kerja berikut ini. 

1. Respons undangan interview secepatnya

Salah satu kunci utama agar terhindar dari kesalahan fatal jika ingin menolak tawaran interview kerja adalah merespon undangan interview sepcepatnya. Kalau kamu sudah yakin untuk menolak undangan interview kerja, usahakan untuk beri respons secepatnya. 

Sebaiknya kamu tidak menunda-nunda karena menunda dalam memberikan keputusan bakal menyulitkan recruiter atau pihak perusahaan yang melakukan rekrutmen. 

Oleh karen aitu, penting untuk memberikan jawaban secepat mungkin agar recruiter bisa merencanakan langkah berikutnya dalam mencari kandidat yang sesuai jika kamu menolak tawaran.

BACA JUGA:Ikan Nila Dipercaya bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Mata dan Otak

2. Tolak dengan sopan 

Meski kamu tidak tertarik melakukan tawaran pekerjaan, kamu bisa melakukan penolakan undangan interview kerja dengan sopan. Usahakan untuk selalu bersikap sopan dan ucapkan terima kasih atas kesempatan tersebut. 

Cara ini mencerminkan etika dan karaktermu, memastikan image-mu di mata perusahaan yang memberikan undangan interview tetap baik, serta membuka peluang untuk kerjasama di masa depan.

3. Tidak bertele-tele dalam memberikan penjelasan

Memberikan penjelasan secara rinci dan tidak bertele-tele menjadi salah satu hal penting yang bisa kamu lakukan saat menolak lamaran perkerjaan. Dengan menjelaskan secara jelas dan tepat kamu tidak akan membuat recruiter bingung atas keputusan yang kamu buat. 

Pesan yang terlalu singkat bakal terkesan kasar dan kurang sopan, tapi memberikan terlalu banyak alasan spesifik juga bisa meninggalkan kesan negatif. Jadi, kamu bisa kasih beberapa alasan, tapi sebaiknya yang umum seperti "kebutuhan saya telah berubah."

BACA JUGA: Satgas TMMD Bengkulu Utara Bergandengan Tangan dengan Masyarakat Bersihkan Lingkungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: