Kenali Sejak Awal, Inilah 6 Gejala Umum Diabetes: Salah Satunya Suka Buang Air Kecil

Kenali Sejak Awal, Inilah 6 Gejala Umum Diabetes: Salah Satunya Suka Buang Air Kecil

Sering buang air kecil merupakan salah satu ciri-ciri diabetes-Pinterest -

BACA JUGA:Ampuh Atasi Sembelit, Kenali 5 Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan

3. Berat badan turun drastis

Selain selalu ingin makan, berat badan yang turun drastis bisa menjadi gejala awal diabetes. Biasanya, tubuh akan menggunakan glikogen (glukosa) sebagai sumber energi. 

Namun, karena masalah insulin tak mampu memproses perubahan glukosa menjadi energi, tubuh mulai “mencari” sumber lain dari tubuh, yaitu lemak dan protein.

Tubuh akan terus berusaha memecah lemak dan otot untuk dijadikan energi. Proses pemecahan otot dan lemak inilah yang membuat Anda mengalami penurunan berat badan dan membuat diabetesi menjadi kurus.

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Krokot untuk Kanker Hingga Diet

4. Luka yang susah sembuh

Gejala lain yang perlu diperhatikan adalah ketika lukas susah dan lama sembunya seperti Infeksi, bekas gigitan serangga, memar, atau luka diabetes yang tak kunjung sembuh. Hal ini dikarenakan gula darah yang tinggi menyebabkan dinding pembuluh darah arteri menyempit dan mengeras.

Akibatnya, aliran darah kaya oksigen dari jantung menuju seluruh tubuh jadi terhambat. Padahal, bagian tubuh yang mengalami luka sangat memerlukan oksigen dan nutrisi yang terkandung dalam darah supaya lekas sembuh.

Sel-sel tubuh pun kesulitan untuk memperbaiki jaringan dan saraf yang rusak. Hasilnya, penyembuhan luka terbuka para diabetesi cenderung lebih lambat. 

Ditambah lagi, tingginya kadar gula darah membuat sel tubuh yang bertugas untuk menjaga sistem imun menjadi lemah. Dampaknya, luka sedikit saja bisa berkembang menjadi infeksi parah yang sulit diobati.

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Krokot untuk Kanker Hingga Diet

5. Sering Alami Kesemutan

Ciri-ciri diabetes lain yang cukup umum adalah kesemutan, kebas, atau sensasi dingin menggelitik pada kaki. Tak hanya itu, diabetes juga bisa terlihat dari mudahnya terjadi pembengkakan pada kaki dan tangan.

Memang ada banyak faktor yang menjadi penyebab kesemutan. Namun, dalam banyak kasus, kesemutan di tangan maupun kaki yang berlangsung lama dan berulang bisa menandakan kerusakan saraf akibat penyakit sistemik seperti diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: