Manfaat Seledri untuk Kesehatan, Dapat Turunkan Tekanan Darah Hingga Cegah Risiko Kanker

Manfaat Seledri untuk Kesehatan, Dapat Turunkan Tekanan Darah Hingga Cegah Risiko Kanker

Seledri dikenal sebagai sayuran tinggi serat serta kaya akan karbohidrat dan protein yang termasuk dalam makronutrisi-Pinterest -

2. Menjaga berat badan

Seledri juga memiliki manfaat untuk mengontrol berat badan. Tak heran jika seledri sering dikonsumsi dengan diolah menjadi campuran pada jus dan tambahan salad. 

BACA JUGA:Inilah Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan, Salah Satunya Kurangi Risiko Cacat Lahir

Diolah menjadi makanan dan minuman yang lezat tidak memperngaruhi adanya kenaikan berat badan karena pada dasarnya seledri memiliki kandungan kalorinya rendah, seledri juga mengandung serat yang tinggi sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

3. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat seledri bagi kesehatan adalah menjaga kesehatan jantung. Manfaat ini diperoleh dari kandungan kalium dalam seledri yang mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol serta menjaganya tetap normal.

Kalium juga penting untuk mengatur irama detak jantung. Selain itu, seledri juga mengandung serat dan antioksidan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol, sehingga dapat mencegah terbentuknya sumbatan atau plak di pembuluh darah jantung (aterosklerosis).

BACA JUGA:Inilah Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan, Salah Satunya Kurangi Risiko Cacat Lahir

4. Memperlancar sistem percernaan 

Memiliki kandungan serat yang tinggi seledri juga diketahui baik untuk kesehatan saluran cerna. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan air dan serat yang tinggi di dalamnya. Tak hanya melancarkan pencernaan, seledri juga dapat mencegah sembelit.

5. Mengontrol gula darah

Untuk penderita diabetes wajib mengetahui jika mengonsumsi seledri dapat mengontrol gula darah karena mengandung antioksidan yang dapat melindungi pankreas, yaitu organ penghasil insulin dan mendukung efektivitas kerja hormon insulin dalam mengontrol gula darah.

Tak hanya itu, seledri juga termasuk dalam makanan dengan kadar indeks glikemik rendah. Dengan demikian, konsumsi seledri tidak akan membuat gula darah cepat meningkat, sehingga lebih mudah terkontrol. Ini menjadikan seledri baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki kondisi prediabetes dan menjadi jus penurun gula darah yang efektif.

BACA JUGA:Dosa Zina Berkali-kali Dihapuskan, Ustaz Abdul Somad Jelaskan 3 Syaratnya

6. Memperlancar siklus menstruasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: