Manfaat Seledri untuk Kesehatan, Dapat Turunkan Tekanan Darah Hingga Cegah Risiko Kanker

Manfaat Seledri untuk Kesehatan, Dapat Turunkan Tekanan Darah Hingga Cegah Risiko Kanker

Seledri dikenal sebagai sayuran tinggi serat serta kaya akan karbohidrat dan protein yang termasuk dalam makronutrisi-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Memberi aroma dan cita rasa yang khas pada setiap makanan, seledri ternyata juga memiliki ragam manfaat untuk kesehatan. 

Manfaat seledri untuk kesehatan tidak perlu diragukan karena tanaman jenis tanaman yang tu ini memiliki kandungan nutrisi di dalamnya diketahui mampu mencegah berbagai penyakit. Selain itu, seledri juga memiliki manfaat lain yang penting untuk diketahui.

Seledri memiliki aroma dan rasa yang unik. Batang sayuran ini memiiki tekstur yang garing dan padat, sedangkan biji dan daunnya memiliki aroma yang khas dan kerap digunakan sebagai hiasan pada makanan.

BACA JUGA:Agar Awet Muda, Bebas Kanker, Darah Tinggi, dan Kolesterol, dr Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi Ini

Padahal, tak hanya sebagai hiasan, seledri juga bisa digunakan sebagai campuran aneka hidangan, mulai dari salad, tumisan, sup, hingga lalapan. Hal ini lah yang membuat seledri banyak disukai oleh sebagian orang. 

Sayuran dengan nama latin Apium graveolens ini bahkan mengandung aneka nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat kesehatan yang bisa didapat jika mengonsumsi seledri? Yuk. cari tahu jawabannya dengan menyimak artikel berikut ini. 

Manfaat Seledri Untuk Kesehatan 

Seledri dikenal sebagai sayuran tinggi serat serta kaya akan karbohidrat dan protein yang termasuk dalam makronutrisi. Makronutrisi sendiri adalah jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak.

Sealin itu, seledri juga mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, folat, kalsium, magnesium, kalium, dan kolin. 

BACA JUGA:Ampuh Atasi Penyakit Gerd dalam Sekejap, dr Zaidul Akbar Sarankan Rutin Minum Herbal Ini

Berbagai jenis antioksidan pun terkandung di dalamnya, seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan flavonoid. Berkat kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya, ada banyak manfaat seledri yang baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Menurunkan tekanan darah

Seledri memiliki kandungan nutrisi yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan seperti mengndung kalium, antioksidan, dan senyawa phthalide yang dapat mengendurkan otot-otot dinding pembuluh darah arteri. 

Efek ini bisa membuat aliran darah lebih lancar dan menurunkan tekanan darah. Seledri juga baik dikonsumsi sebagai salah satu pilihan sayuran untuk mengontrol tekanan darah. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus, sup, ataupun snack sayuran kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: