Apa itu NPD? Ini Dia Ciri-ciri Pasangan Jika Memiliki Gangguan Kepribadian Narsistik

Apa itu NPD? Ini Dia Ciri-ciri Pasangan Jika Memiliki Gangguan Kepribadian Narsistik

Ciri pasangan yang memiliki gangguan kepribadian atau dikenal dengan istilah NPD atau Narcissistic Personality Disorder-Pinterest -

Sifat buruk yang satu ini akan membuat pengidapnya lihai dalam mengabaikan orang lain. Berargumen dengan manusia seperti ini akan berujung pada rasa kesal dan frustrasi. Jadi, sebaiknya hindari saja.

5. Manipulasi Obrolan

Salah satu yang menjadi ciri utama yang sering dibahas jika pasangan kita menderita npd adalah suka memanipulasi. Saat orang dengan kepribadian ini bertanya padamu, hal yang paling benar dan akan ia jalani adalah apapun yang keluar dari mulutnya. Jadi, percuma saja kamu menanggapinya. 

Dari awal pasangan tipe ini akan memegang kendali penuh. Jadi, daripada makan hati, saat kamu menemukan gejala jika dia adalah seorang narsistik, sebaiknya akhiri hubunganmu sebelum rasa cintamu semakin dalam!

BACA JUGA:Penyebab Bintik Merah pada Kulit Disertai Gatal

6. Membuatmu Menjadi Miliknya Seorang

Pasangan dengan sifat narsistik akan menjauhkanmu dari orang-orang terdekatmu, termasuk keluarga. Mereka cenderung merasa terancam dengan orang lain yang berada di dekatmu. Jadi, jika saat berhubungan dengan seseorang kamu justru memiliki lingkup pergaulan yang sempit, bisa jadi pasanganmu adalah orang yang narsistik.

7. Memiliki Sikap dan Sifat yang Berubah-Ubah

Ciri pasangan narsistik selanjutnya akan cenderung membingungkan, karena kamu akan merasa mengenal orang yang berbeda-beda. Hal tersebut karena pengidap memiliki sifat dan sikap yang berubah-ubah, karena pengidap adalah orang yang adaptif terhadap suasana hatinya.

BACA JUGA:Bisa Dipraktekan di Rumah! Tips Merawat Kulit Wajah Berminyak

Itulah ciri-ciri jika pasanganmu menderita NPD. Jika pasangamu memiliki ciri-ciri yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk melanjutkan hubungan yang sedang kamu jalani. 

Atau jika pasangan memiliki sejumlah ciri pasangan narsistik yang telah disebutkan, segera ajak bertemu dengan psikolog atau psikiater di rumah sakit terdekat. Dengan langkah penanganan yang tepat, hubunganmu dengannya dapat diselamatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: