Penting untuk Masa Depan, Catat Manfaat dan Bagaimana Menerapkan Trend Frugal Living

Penting untuk Masa Depan, Catat Manfaat dan Bagaimana Menerapkan Trend Frugal Living

Frugal living adalah gaya hidup yang berkaitan dengan konsep hidup bijaksana terhadap pengeluaran-Pinterest -

Pengalaman-pengalaman ini memberikan kenangan dan kebahagiaan yang dapat bertahan seumur hidup. Sebaliknya, pakaian atau video game baru itu atau video game baru hanya akan memberikan kebahagiaan sementara.

BACA JUGA:Baca Sholawat 40 Kali di Hari Jumat, Gus Iqdam Jelaskan Keutamaannya, Diantaranya Dosa-dosa Berguguran

5. Pensiun dini

Menjalani frugal living dapat membawa Anda ke jalan menuju pensiun dini. Daripada menghabiskan masa-masa emas untuk bekerja, Anda bisa berkebun, bepergian, menikmati waktu bersama cucu, atau melakukan hal-hal lain yang menyenangkan.

Frugal living memungkinkan Anda untuk menyisihkan lebih banyak dana untuk masa pension. Ini akan membantu Anda mencapai tingkat kenyamanan finansial yang sangat baik ketimbang mereka yang tidak menerapkan frugal living.

6. Dapat membantu orang lain

Anda mungkin akan merasa senang membantu orang lain. Dengan mengurangi pengeluaran dan menabung, Anda dapat memberi lebih banyak kepada orang lain dan mendukung beragam kegiatan sosial.

BACA JUGA:Bolehkah Mencuci Daging Ayam Mentah Sebelum Dimasak? Begini Penjelasannya

5. Memiliki banyak waktu luang

Anda akan memiliki lebih banyak waktu luang. Setelah mampu membayar utang, Anda tidak perlu bekerja berjam-jam untuk memenuhi kebutuhan hidup. Hal ini akan memberikan lebih banyak waktu luang untuk melakukan hobi dan kegiatan santai lainnya.

Nah, itulah manfaat jika kita menerapkan frugal living dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum menerapkan frugal living, hal yang paling utama dilakukan adalah mengubah pola pikir terhadap pengeluaran dan kebiasaan konsumtif. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan frugal living.

1. Mentukan tujuan finansial, dengan menentukan tujuan maka hidup berhemat atau frugal living dapat lebih mudah diterapkan. 

2. Memiliki pola pikir mendasar untuk menjalani frugal living ialah dengan dapat membedakan keinginan dan kebutuhan seperti hindari membeli barang yang tidak memberikan manfaat. 

BACA JUGA:Bolehkah Mencuci Daging Ayam Mentah Sebelum Dimasak? Begini Penjelasannya

3. Hindari berhutang. Oleh karena itu pastikan buat perhitungan matang, dan akan lebih baik apabila utang tersebut akan menguntungkan di kemudian hari, misalnya kredit rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: