Penting untuk Masa Depan, Catat Manfaat dan Bagaimana Menerapkan Trend Frugal Living

Penting untuk Masa Depan, Catat Manfaat dan Bagaimana Menerapkan Trend Frugal Living

Frugal living adalah gaya hidup yang berkaitan dengan konsep hidup bijaksana terhadap pengeluaran-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernahkah kamu mendengar istilah frugal living, istilah ini merupakan ungkapan yang digunakan untuk merujuk kepada seseorang yang menerapkan gaya hidup hemat dan berkaitan dengan financial independent retire early (FIRE) atau apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti mandiri finansial dan pensiun dini.

Banyak orang yang salah paham dan mengira bahwa frugal living adalah orang-orang yang pelit padahal sebenarnya frugal living adalah sebuah  konsep hidup yang diterapkan sama yaitu menyisihkan uang dan menghindari membeli barang yang tidak berguna sehingga tidak boros.

Jika disimpulkan frugal living adalah gaya hidup yang berkaitan dengan konsep hidup bijaksana terhadap pengeluaran. Sedikit konsumsi adalah jenis berhemat yang paling dasar.

BACA JUGA:Ini Dia Pilihan Pelembap Wajah Alami untuk Kulit Kering

Ciri lain dari orang yang menjalani frugal living atau kerap disebut frugalist adalah dapat menentukan prioritas uang yang ingin mereka gunakan agar mereka tetap dapat menikmati hidup. Lantas, apa manfaat frugal living jika diterapkan pada kehidupan sehari-hari? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini:

Manfaat Frugal Living

Pada awalnya, menjalani frugal living mungkin akan terasa berat, namun ketika seseorang sudah terbiasa dengan gaya hidup seperti itu, maka ada beberapa manfaat yang akan dirasakan, sebagaimana disebutkan oleh Members Alliance berikut ini:

1. Lebih menghargai apa yang dimiliki

Selain hemat seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dengan menerapkan frugal living Anda akan belajar menghargai apa yang dimiliki. Anda akan bersyukur atas sumber daya yang dimiliki dan belajar untuk memanfaatkannya sebaik mungkin.

Daripada membuang barang-barang lama, Anda belajar untuk menggunakan kembali dan membiarkan sedikit yang terbuang.

BACA JUGA:Saat Kesulitan Melunasi Hitang, Amalkan Doa Pelunas Hutang Berikut Ini

2. Tercipta kebiasaan yang lebih positif 

Meskipun bukan sesuatu yang baru menerapkan frugal living akan membawa kamu ke pengalaman baru dan memberikan banyak manfaat jika diterapkan. 

Anda akan cenderung memilih pengalaman daripada benda. Misalnya, daripada pergi ke mal dan membeli pakaian baru atau video game terbaru, Anda lebih memilih untuk mendaki gunung, ke pantai, atau bermain permainan papan dengan teman atau keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: