Tips Agar Ikan Nila Cepat Panen, Kenali 2 Jenis Pakan Ini

Tips Agar Ikan Nila Cepat Panen, Kenali 2 Jenis Pakan Ini

Tips Budidaya Ikan Nila Agar cepat besar dan panen-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Untuk mempercepat pertumbuhan ikan nila, pemberian pakan perlu dilakukan secara rutin. ikan air tawar yang populer ini tidak hanya memiliki rasa yang lezat dan kaya nutrisi, tetapi juga memiliki harga yang terjangkau, sehingga diminati oleh banyak orang.

Selain itu, budidaya ikan nila relatif mudah. Selain memiliki masa panen yang cepat, yaitu hanya dalam 4-6 bulan setelah masa pendederan, pemberian pakan juga tidak rumit.

Bahkan, Anda dapat memberikan bahan pakan yang umum ditemui seperti singkong atau daun talas.

BACA JUGA:Tips Memilih Usaha Ternak Yang Menjanjikan, Ini 10 Pilihan Terbaik

BACA JUGA:Tips Agar Ayam Broiler Cepat Besar, Berikan 6 Vitamin Ini

Jenis Pakan Ikan Nila :

1. Pakan Organik

Pakan organik adalah pakan yang terbuat dari bahan alami tanpa kandungan bahan kimia. Meskipun menggunakan pakan organik dapat menghemat biaya, ikan yang mengonsumsi pakan organik cenderung tumbuh lebih lambat dibandingkan dengan ikan yang diberi pakan buatan.

Anda dapat membuat pakan organik sendiri dengan mencampurkan bahan-bahan yang kaya nutrisi bagi ikan nila. Berikut adalah beberapa bahan yang biasanya digunakan:

- Ampas kelapa: Cocok dicampurkan dengan nasi atau dedak sebagai sumber nutrisi tambahan. Anda dapat menaburkannya langsung ke dalam kolam.

- Dedak: Mengandung 18% protein, 66% karbohidrat, dan 7% lemak. Teksturnya halus, cocok untuk ikan nila kecil. Namun, dedak mengandung senyawa fitat yang dapat mengikat protein dan mineral, mengurangi penyerapan nutrisi oleh ikan.

- Kangkung: Kaya akan protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, lemak, vitamin A, vitamin C, dan fosfor. Namun, risiko terkontaminasi oleh telur lintah membuatnya kurang disarankan.

- Plankton dan fitoplankton: Kaya serat dan mengandung 21-37% protein, dapat merangsang pertumbuhan ikan. Anda dapat menumbuhkannya di kolam dengan menaburkan pupuk khusus.

- Sisa nasi: Harga terjangkau dan mengandung protein dan karbohidrat yang cukup untuk pertumbuhan ikan. Namun, risiko pertumbuhan bakteri yang berpotensi beracun bagi ikan perlu diperhatikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: