Tips Agar Ikan Nila Cepat Panen, Kenali 2 Jenis Pakan Ini

Tips Agar Ikan Nila Cepat Panen, Kenali 2 Jenis Pakan Ini

Tips Budidaya Ikan Nila Agar cepat besar dan panen-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

- Kutu air: Mengandung protein kompleks yang dapat meningkatkan bobot ikan. Konsumsi rutin akan membuat ikan lebih sehat dan gemuk.

BACA JUGA:Tips Beternak Ayam di Kawasan Perkotaan

BACA JUGA:Tips Ternak Kambing Agar Cepat Gemuk

2. Pakan Anorganik

Pakan anorganik adalah pakan yang diproduksi secara massal di pabrik, yang nutrisinya telah disesuaikan oleh ahli pakan untuk mendukung pertumbuhan ikan. 

Pakan anorganik dianggap lebih efektif dalam mempercepat pertumbuhan ikan karena mengandung bahan-bahan tambahan dan nutrisi yang lebih lengkap daripada pakan buatan sendiri.

Pakan anorganik juga merupakan pilihan yang praktis bagi para peternak karena kemudahan penggunaannya. Salah satu jenis pakan anorganik yang populer adalah pelet.

Pelet sangat direkomendasikan untuk peternak ikan nila karena tersedia dalam berbagai ukuran dan variasi, sehingga tidak memerlukan proses pencampuran secara manual.

Biasanya, semakin lengkap kandungan nutrisi dalam pelet, semakin tinggi pula harganya. Namun, investasi dalam pelet yang kaya nutrisi akan menghasilkan pertumbuhan ikan yang lebih cepat dan sehat.

Ketika membeli pelet, pastikan untuk memeriksa kualitasnya. Pelet yang baik tidak akan hancur setelah ditebarkan ke dalam air selama 10 menit, dan dapat disimpan dengan baik selama 2 bulan jika kondisinya masih bagus.

Penebaran Pakan Ikan Nila :

Setelah mengetahui jenis-jenis pakan yang baik untuk ikan nila dan cara memilihnya, penting juga untuk memperhatikan cara pemberian makanan yang tepat.

BACA JUGA:Langkah-langkah Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal, Simak Selengkapnya

BACA JUGA:Budidaya Ikan Cucut, Ternyata Kaya Manfaatnya

Dalam sehari, ikan nila sebaiknya diberi makan sebanyak 3 kali, yaitu pada pagi, siang, dan sore. Jumlah pakan yang cukup untuk ikan nila adalah sekitar 3-4% dari bobot ikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: