Kenali Faktor dan Tanda-tanda Psikologis Gangguan Mental pada Remaja

Kenali Faktor dan Tanda-tanda Psikologis Gangguan Mental pada Remaja

Tanda-tanda gangguan mental dan masalah psikologis pada remaja-Pinterest -

Gangguan psikologis pada remaja ini dapat memengaruhi aktivitas anak sehari-hari, termasuk dalam bergaul bersama teman dan berinteraksi dengan anggota keluarga.

5. Perilaku berbahaya dan berisiko tinggi

Berani berbuat hal-hal yang berbahaya dan berisiko tinggi merupakan masalah psikologis pada remaja yang dapat memengaruhi kesehatan mereka.

Hal ini meliputi penyalahgunaan narkoba, seks bebas di usia remaja, merokok, menggunakan ganja, minum alkohol, dan sebagainya.

Biasanya, tindakan ini dianggap sebagai pelarian anak atas masalah emosional yang mereka alami. Namun, pada kenyataannya, hal ini malah justru merusak mental dan kesehatan remaja.

BACA JUGA:Kurangi Gejala Menopause, Inilah Ragam Manfaat Si Kedelai Hitam

Bukan hanya itu, dampak lain yang bisa terjadi seperti prestasi akademik yang buruk, cedera, perkelahian, terlibat kejahatan, bahkan kematian.

6. Bunuh diri dan menyakiti diri

Tanda-tanda terakhir yang tidak boleh disepelekan adalah tindakan, niatan, dan ungkapan ingin bunuh diri. Pasalnya dirangkum dari berbagai sumber bunuh diri merupakan penyebab kematian keempat pada remaja usia 15 sampai 19 tahun.

Banyak orang tua yang sering menganggap tindakan tersebut berlebihan. Namun, pada kenyataannya perasaan itu adalah benar, jadi tidak mungkin seseorang ada niatan melakukan tindakan bunuh diri jika tidak ada sesuatu masalah didalam dirinya. 

Tindakan tersebut dapat terjadi pada remaja yang mengalami pelecehan di masa kanak-kanak, kesulitan mencari bantuan psikologis, serta tersedianya akses terhadap sarana bunuh diri.

Di samping itu, media juga berperan penting dalam mendorong atau menghalangi tindakan bunuh diri pada remaja. Hal ini meliputi semua bentuk media, termasuk buku bacaan, majalah, televisi, dan media digital.

BACA JUGA:Jangan Terlalu Sering! Begini Bahaya Minum Boba Tea Secara Berlebihan

Itulah tanda-tanda psikologi jika seseorang mengalami gangguan mental, untuk itu sebagai orang-orang terdekat sebaiknya kita lebih memperhatikan apa bila keluarga atau teman-teman mengalami beberapa tanda-tanda yang sudah dijelasakan di atas, penting untuk melakukan perlindungan dan pencegahan dengan memberikan dukungan dan pengertian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: