15Th Semangat Astra Terpadu Indonesia Awards 2024, Menjadi Inspiratif Tak Memandang Usia, Anak Muda Juga Bisa

15Th Semangat Astra Terpadu Indonesia Awards 2024, Menjadi Inspiratif Tak Memandang Usia, Anak Muda Juga Bisa

Bincang inspiratif 15Th SATU Indonesia Awards 2024 di Bengkulu, Dirut Tempo Arif Zulkifli (2 dari kiri), Head of Media Relations PT Astra International Tbk Regina Panontongan, pakar TI Onno W. Purbo Ph.D dan penerima penghargaan SATU Indonesia Awards 2018-foto Rajman Azhar-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dalam rangka memeriahkan 15 tahun program Semangat Astra Terpadu (SATU) Indonesia Awards, Astra menggelar roadshow ke sejumlah Provinsi Indonesia, salah satunya Provinsi Bengkulu. 

Khusus di Bengkulu, kegiatan dengan nama Roadshow 15th Semangat Astra Terpadu (SATU) Indonesia Awards 2024 digelar di Grage Horizon, Kota Bengkulu, Sabtu (27/04/2024), melibatkan ratusan anak muda, mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan pemuda produktif dengan undangan dari pemerintah  daerah yaitu Assisten I Pemprov Bengkulu Kharil Anwar dan Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi. 

Head of Media Relations PT Astra International Tbk, Regina Panontongan, mengatakan, SATU Indonesia Awards diselenggarakan untuk memberikan apresiasi kepada anak muda Indonesia yang bisa menginsipirasi dan memberikan manfaat kepada masyarakat di daerahnya.

"Ada 5 kategori yang diberikan penilaian, antara lain di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, dan teknologi. Penerima apresiasi akan mendapatkan dana bantuan bisnis Rp65 juta," ujar Regina.

Di sisi lain, dalam roadshow ini, menghadirkan narasumber dari dewan juri SATU Indonesia Awards yaitu Direktur Utama Tempo, Arif Zulkiflipakar teknologi informasi, Onno W. Purbo Ph.D dan penerima penghargaan SATU Indonesia Awards 2018, Azza Aprisaufa.

Dalam kesempatan itu, masing-masing narasumber memberikan kisah inspiratif dan memberikan motivasi kepada kalangan anak muda Bengkulu untuk tidak mudah menyerah dan terus berbuat yang bermanfaat bagi masyarakat.

Seperti yang disampaikan Direktur Utama Tempo, Arif Zulkifli, setidaknya anak muda mulai berbuat baik dan bermanfaat mulai dari lingkungan sekitar atau tingkat lokal saja dahulu, jangan berpikir bisa langsung mengubah kondisi bangsa.

"Dimulai dari tingkat lokal dahulu, jangan bermimpi mau mengubah keadaan bangsa. Karena sesuatu dimulai dari yang kecil dahulu, baru kemudian menjadi besar," ujar lelaki yang akrab disapa Bang Azul ini.

Motivasi juga disampaikan Onno W Purbo kepada anak muda Bengkulu yang hadir dalam acara tersebut. Onno mengatakan, anak muda bisa memanfaatkan sosial media dengan positif, salah satunya mempublikasikan kegiatan-kegiatan bermanfaat di sosmed masing-masing.

Menurutnya, jika dimanfaatkan dengan bijak, sosmed itu bisa mendatangkan uang dan pekerjaan. "Karena ada 2 tipe mencari pekerjaan, satu kita mengajukan lamaran ke pemilik modal, atau pemilik modal yang memberikan pekerjaan kepada kita. Nah supaya pemilik modal ini bisa memberikan pekerjaan kepada kita, kita harus hebat. Bagaimana orang tahu kalau kita hebat? Caranya kegiatan kita itu dipublikasikan di sosial media," kata Onno.

Sementara Azza Aprisaufa selaku penerima penghargaan SATU Indonesia Awards 2018,  menceritakan sedikit kisahnya menjadi penerima penghargaan SATU Indonesia Awards. Awal mulanya karena miris melihat banyak anak muda khusus lulusan sarjana di daerahnya tidak bekerja. 

Bukan karena sarjana itu tidak mampu mengaplikasikan ilmunya, namun lowongan pekerjaannya yang tidaj ada. Untuk mengatasi hal itu, akhirnya Azza membuat aplikasi yang bisa memberdayakan sarjana lewat aplikasi khusus di daerahnya di Aceh Tengah.

Ia membuat Saufacenter.com, sebuah aplikasi yang mempertemukan para pencari kerja dengan orang yang membutuhkan jasa mereka. Dalam aplikasi tersebut, orang antara lain bisa memesan guru privat, arsitek, pendamping lansia, pendamping wisata, tutor pembuatan aplikasi, pelatih tari, konsultan lingkungan, dan pelatih public speaking. Cukup merogoh kocek Rp 30.000 - 40.000 ribu per jam, orang bisa memesan jasa tersebut sesuai kebutuhan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: