Memperingati Hari Kartini, Astra Motor Bengkulu Menggelar Edukasi Safety Riding

Memperingati Hari Kartini, Astra Motor Bengkulu Menggelar Edukasi Safety Riding

Astra Motor Bengkulu Menggelar Edukasi Safety Riding-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Astra Motor Bengkulu sebagai Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Bengkulu terus mengadakan seminar safety riding guna memperkuat budaya #Cari_Aman saat berkendara.

Seminar yang bertajuk Kartini Muda Bangga Menjadi Generasi #Cari_Aman ini menggandeng Polresta Kota Bengkulu sebagai partner dalam menyebarkan keselamatan berkendara, safety riding kali ini dilaksanakan di Kantor Kelurahan Betungan bersama kartini muda kelurahan Betungan (24/04), antusias dari warga mensukseskan berbagai rangkaian acara seminar safety riding.

Kegiatan safety riding di buka oleh Nanto Sinarman selaku Sekretaris Lurah Betungan “Saya sangat mendukung kegiatan edukasi keselamatan berkendara ini, karena mayoritas warga menggunakan kendaraan bermotor dalam mobilitas sehari-hari dan banyak sekali Perempuan-perempuan di Kel. Betungan yang belum begitu paham dengan keselamatan dalam berkendara” ungkap Nanto. 

Berbagai rangkaian acara pada seminar kali ini yaitu pemaparan materi oleh narasumber Binmas Polresta Bengkulu, pemaparan materi, tanya jawab, quiz, pretest dan post test  juga termasuk kedalam rangkaian seminar safety riding.  

BACA JUGA:7 Tips Motor Tetap Prima Setelah Mudik Lebaran

Kepala Unit Binmas Polresta Kota Bengkulu AKP Julita Widiyanti memaparkan materi tentang Kecelakaan Lalu Lintas. Menurut Korlantas Polri, ada 137.851 kecelakaan terjadi sepanjang tahun 2022, 74% nya terjadi pada sepeda motor dan 53% korbannya berumur 15-39 tahun. Selain itu Julita juga maparkan materi Peran Orang Tua dalam Mengantisipasi Kenakalan Remaja dan Pelajar, seperti faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kenakalan remaja/pelajar, persepsi orang tua terhadap kenakalan remaja/pelajar, Komunikasi efektif antara orang tua dan remaja/pelajar. “Kami harap ibu-ibu kelurahan Betungan dapat menjadi garda utama dalam mendidik anak agar tidak ikut-ikutan dalam kenakalan remaja, karena peran orang tua sangat penting.” tutur Julita.

Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu Noval Yunaidi menjelaskan materi tentang pentingnya keselamatan berkendara, perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu dan apa saja pola berbahaya yang ada di jalan raya.  Melalui sebuah video Instruktur Safety Riding Noval Yunaidi menjelaskan tentang prediksi bahaya di jalan, seperti :

BACA JUGA:Manfaatkan Kekuatan CBR250RR, Pebalap Astra Honda Kibarkan Merah Putih di ARRC China

1. Prediksi bahaya di persimpangan.

2. Prediksi bahaya saat mendahului sepeda motor.

3. Prediksi bahaya saat di dahului sepeda motor.

4. Prediksi bahaya mendahului mobil di persimpangan.

5. Prediksi bahaya berkendara melewati mobil yang berhenti dipersimpangan.

Diakhir acara, peserta mengisi post test yang telah di sediakan team Astra Motor Bengkulu, adanya sesi Tanya jawab dan pasti nya quiz dengan hadiah riding gear dari Honda Genuine Accessories (HGA). “Harapannya dengan adanya sosialisasi ini semoga kita lebih aware dalam berkendara dan dapat menjadi contoh yang baik saat mengendarai sepeda motor. Jangan lupa selalu Cari_Aman dan memakai perlengkapan berkendara saat berkendara ya dan ingat masih ada keluarga yang menanti dirumah,” tutup Noval.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: