Mengganggu AKtivitas? Begini Cara Mengatasi Batuk Disertai Sesak Napas

Mengganggu AKtivitas? Begini Cara Mengatasi Batuk Disertai Sesak Napas

Mengobati dan beberapa tips untuk mencegah penyakit batuk disertai sesak nafas-Pinterest -

Dengan menghirup udara yang lembap, saluran hidung dan tenggorokan menjadi lebih tenang, serta batuk kering mereda. Selain menggunakan humidifier, cara mendapatkan kelembapan lainnya adalah dengan mandi air panas.

3. Mengisap obat batuk berupa permen

Berikutnya, kamu juga dapat mencoba menghisap obat batuk berbentuk permen. Cara ini dapat meningkatkan produksi air liur yang menenangkan tenggorokan. Namun, jangan diberikan pada anak di bawah usia 4 tahun karena berpotensi menyebabkan tersedak.

4. Konsumsi madu

Cara ini dipercaya dapat menghentikan batuk, bahkan lebih baik dari kebanyakan obat yang dijual bebas. Namun, jangan pernah berikan pada anak di bawah usia 1 tahun, karena berpotensi menyebabkan botulisme.

BACA JUGA:Benarkah Berbicara Pada Diri Sendiri Memberikan Manfaat? Simak Manfaatnya Berikut ini

5. Atur posisi

Cara pertama adalah duduk dengan posisi dada condong ke depan. Pastikan posisi posisi telapak kaki menapak rata ke lantai, kemudian condongkan dada ke depan dan sandarkan siku Anda ke lutut. Tarik dan embuskan napas sambil memastikan otot leher dan bahu tetap rileks.

Posisi lain yang dapat meredakan sesak napas adalah berdiri tegak sambal bersandar pada dinding. Cara melakukannya adalah cukup berdiri membelakangi dan bersandar pada dinding. 

Lalu, lebarkan kedua kaki Anda selebar bahu dan letakkan kedua telapak tangan di paha. Usahakan bahu tetap rileks, kemudian condongkan tubuh ke depan sambil mengayunkan lengan Anda.

Anda juga bisa berbaring setengah duduk dengan menyangga bahu dan punggung menggunakan tumpukan bantal. Posisi ini membantu tubuh dan saluran pernapasan Anda rileks, sehingga pernapasan pun menjadi lebih lega.

BACA JUGA:Benarkah Berbicara Pada Diri Sendiri Memberikan Manfaat? Simak Manfaatnya Berikut ini

Jika sudah mengetahui cara bagaimana mengatasi batuk beserta sesak nafas yang sudah dijelaskan diatas, kamu juga perlu mengetahi bagaimana cara mencegah kondisi tersebut dan mengkuti beberapa tips berikut ini.

  • Menghindari iritasi dan penyebab alergi (alergen), seperti bahan kimia, jamur, serbuk sari, dan lainnya.
  • Selalu menjaga kebersihan dengan baik dan lebih sering mencuci tangan untuk mencegah gangguan pernapasan, termasuk batuk disertai sesak napas.
  • Berhenti merokok dan menghindari paparan asap rokok.

Nah, itulah mengobati dan beberapa tips untuk mencegah penyakit batuk disertai sesak nafas terulang kembali. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: