Benarkah Berbicara Pada Diri Sendiri Memberikan Manfaat? Simak Manfaatnya Berikut ini

Benarkah Berbicara Pada Diri Sendiri Memberikan Manfaat? Simak Manfaatnya Berikut ini

Manfaat utama dari berbicara pada diri sendiri adalah mengurangi stres-Pinterest -

BENGKULUKEPSRESS.COM - Benarkah berbicara pada diri sendiri dapat memberikan sejumlah manfaat? Sebagian orang menganggap berbicara sendiri adalah hal yang tak wajar dan tak jarang dianggap seperti orang tidak waras.

Padahal berbicara sendiri memberikan manfaat untuk diri kita. Menurutmu apa manfaat yang bisa di ambil jika kita berbicara sendiri? Yuk, simak ulasan di bawah ini. 

Ada beberapa manfaat berbicara pada diri sendiri, berikut diantarannya. 

BACA JUGA:Banyak Makan Makanan Berlemak Saat Lebaran, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Menetralisirnya

1. Meringankan stres

Manfaat utama dari berbicara pada diri sendiri adalah mengurangi stres. Hal tersebut bisa terjadi karena kebiasaan ini memungkinkan Anda untuk mengatur pikiran positif dan menahan emosi sehingga Anda menjadi lebih rileks dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang dapat terjadi.

Merefleksi diri dengan bicara sendiri adalah suatu metode yang memungkinkan seseorang untuk merenungkan hal-hal yang terjadi dalam hidup. Refleksi diri, bisa menjadi cara yang bagus untuk melihat sesuatu secara lebih objektif.

Hal ini dapat meminimalkan emosi dan perasaan spontan yang mungkin dimiliki, ehingga seseorang dapat melihat segala sesuatu dengan cara yang lebih jernih dan rasional.

BACA JUGA:Stress Saat Mudik Lebaran ? Begini Cara Agar Perjalanan Bebas Stres

2. Motivasi

Berbicara kepada diri sendiri juga dapat memotivasi. Ketika menghadapi sebuah tantangan, hal yang biasa dilakukan adalah memotivasi diri sendiri dengan cara mengatakan "Saya bisa melakukan ini" atau "Kamu pasti bisa."

Sebuah penelitian pada atlet menemukan bahwa berbicara dengan diri sendiri tidak hanya membantu mereka tampil lebih baik, tetapi juga tampaknya terkait dengan seberapa menyenangkan mereka bermain game.

3. Memori yang lebih baik

Dalam sebuah penelitian terdahulu, para peserta harus mencari barang di toko tanpa mengatakan apa pun. Selama tahap kedua percobaan, para peserta diminta untuk mengulangi nama-nama barang yang mereka cari saat mereka mencari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: