Pemkot Bengkulu Masif Awasi LKPM Investor, Optimis Realisasi Investasi 2024 Capai Target

Pemkot Bengkulu Masif Awasi LKPM Investor, Optimis Realisasi Investasi 2024 Capai Target

Pemkot Bengkulu Masif Awasi LKPM Investor-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pasca libur lebaran, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bengkulu masif melakukan pengawasan dan memantau perusahaan-perusahaan yang berinvestasi di Kota Bengkulu agar rutin melaporkan laporan kegiatan penanaman modal (LKPM) sesuai jadwal yang ditentukan.

Dengan langkah tersebut, Kepala DPMPTSP Kota Bengkulu, Irsan Setiawan mengaku optimis realisasi investasi 2024 mencapai target, bahkan melampauinya.

“Kita selalu optimis. Kemudian kita akan melakukan pengawasan integrasi terhadap seluruh perusahaan-perusahaan yang berinvestasi di Kota Bengkulu ini. Untuk mencapai target, kita harus mengejar melalui laporan penanaman modalnya yaitu laporan kegiatan penanaman modal (LKPM),” ujar Irsan, Rabu 17 April 2024.

BACA JUGA:Pengamanan BPBD Dinilai Sukses, Tak Ada Korban di Pantai Panjang Selama Libur Lebaran

Lanjut Irsan, pelaporan LKPM merupakan salah satu komponen data penting yang perlu dimuat dalam subsistem pengawasan perkembangan kegiatan usaha (OSS). 

Sehingga menjadi dokumen wajib yang dilaporkan pelaku usaha secara berkala. Kewajiban pelaporan LKPM juga diatur dalam Pasal 15 Peraturan BKPM No. 5 Tahun 2021.

Selain itu, DPMPTSP memberi wadah bagi perusahaan-perusahaan yang memerlukan konsultasi dalam rangka pelaporan investasinya.

Tak hanya sampai disitu, kata Irsan, pihaknya hingga saat ini terus mempercepat proses-proses perizinan bagi kawan-kawan atau pengusaha yang ingin berinvestasi di Kota Bengkulu.

BACA JUGA:Hari Terakhir Daftar Jabatan Eselon II Pemprov Bengkulu, 40 Pejabat Sudah Serahkan Berkas

“Kita selalu melakukan pendampingan, kemudian juga mempercepat proses perizinan yang menjadi kewenangan kita, terutama Izin-izin dasar mereka. Sehingga proses investasi itu bisa berjalan dengan cepat, baik. Tentunya jika izin mereka beres maka investasi kita akan meningkat,” tutup Irsan.

Sebagai informasi, Pada tahun 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mendapatkan target investasi sebesar Rp3,5 Triliun dari Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Bengkulu. Hal ini meningkat dibanding tahun sebelumnya hanya sebesar Rp2 Triliun. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: