Bisa Sebabkan Kualitas Udara Buruk, Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Mobil Mesin Diesel

Bisa Sebabkan Kualitas Udara Buruk, Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Mobil Mesin Diesel

Mesin diesel dapat menghasilkan emisi yang lebih tinggi sehingga bisa berdampak negatif terhadap kualitas udara-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Salah satu jenis mobil yang paling banyak diminati konsumen di Indonesia adalah mobil mesin diesel. Sebagian orang kerap kali menganggap mesin diesel tidak layak untuk digunakan, pasalnya mesin diesel   menghasilkan asap yang lebih pekat dan suara mesin yang kasar. 

Padahal, mesin diesel juga memiliki berbagai keunggulan lho, dibandingkan dengan mesin bensin. Salah satu keunggulannya adalah torsi yang lebih besar dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Nah, Jika Anda tertarik dengan jenis mobil ini, Anda harus memahami dan mengetahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan mesin diesel sebelum memutuskan untuk membelinya. 

Untuk memudahkan Anda mencari informasi mengenai mobil jenis ini, artikel ini akan memberikan ulasan terkait kelebihan dan kekurangan jika menggunakan jenis mobil diesel. Berikut rangkuman penjelasannya.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Dampak Jika Tidak Menganti Oli Gardan Pada Kendaraan

Apa Itu Mobil Mesin Diesel?

Mobil mesin diesel adalah jenis mobil yang menggunakan internal combustion engine dengan bahan bakar diesel yang terkompresi secara tinggi di dalam ruang bakar sehingga menciptakan suhu yang tinggi. 

Nah, suhu tinggi ini akan menyebabkan bahan bakar diesel terbakar dan menghasilkan energi yang digunakan untuk menggerakkan mobil.

Perlu Anda ketahui, perbedaan utama antara mobil dengan mesin diesel dan mobil yang menggunakan mesin bensin terletak pada metode pembakarannya. 

Mesin bensin menggunakan busi untuk membakar campuran udara dan bahan bakar, sedangkan mesin diesel menggunakan kompresi udara yang tinggi untuk membakar bahan bakar diesel tanpa busi. Biasanya mesin diesel hanya digunakan pada kendaraan dengan bodi besar seperti bus dan truk.

Namun, seiring perkembangan dengan perkembangan teknologi, saat ini penggunaan mesin diesel juga sudah banyak ditemukan pada mobil jenis SUV dan MPV. Tanpa berlama-lama berikut kelebihan dan kekurangan mobil meisn diesel. 

BACA JUGA:Inilah Kelebihan dan Kekurangan Rem Hidrolik pada Mobil

  • Kelebihan 

1. Irit Bahan Bakar 

Salah satu keunggulan utama mobil dengan mesin diesel adalah efisiensi konsumsi bahan bakarnya yang lebih baik dibandingkan dengan mobil bermesin bensin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: