Antasena, Ksatria Edan yang Membuat Para Dewa Gemetar

Antasena, Ksatria Edan yang Membuat Para Dewa Gemetar

Antasena memiliki beberapa keistimewaan yang membuatnya menjadi ksatria edan tanpa tanding--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Antasena adalah salah satu tokoh pewayangan Jawa yang memiliki kekuatan luar biasa. Ia merupakan putra bungsu Bimasena atau Werkudara (Pandawa nomor dua) yang lahir dari seorang ibu bernama Dewi Urangayu putri Batara Baruna. Antasena dijuluki ksatria edan tanpa tanding karena ia mampu mengalahkan para dewa dan musuh-musuhnya dengan mudah. Apa rahasia kekuatan Antasena? Berikut ulasannya.

BACA JUGA:Wisanggeni, Kisah Pemuda Tumbal Kemenangan Perang yang Dibuang saat Lahir

Asal-usul Antasena
Antasena lahir dalam keadaan yang tidak biasa. Bima menikah dengan Urangayu dalam cerita Kali Serayu Binangun, yaitu saat Pandawa dan Kurawa berlomba untuk membuat sungai tembus ke samudra. Bima meninggalkan Urangayu dalam keadaan mengandung ketika ia harus kembali ke negeri Amarta.

Saat Antasena masih dalam kandungan, Kahyangan Suralaya diserbu oleh Prabu Dewa Kintaka dari Kerajaan Guwacinraka yang bemaksud untuk merebut dan menikahi Batari Kamaratih. Antasena yang masih dalam kandungan, dikeluarkan oleh Sang Hyang Narada, dan diajukan ke peperangan.

Berkat perlindungan Sang Hyang Wenang, Antasena mampu mengalahkan Prabu Dewa Kintaka dan pasukannya. Setelah mampu mengalahkan musuh kahyangan, Antasena diserahkan kepada Sang Hyang Antaboga untuk dididik menjadi satriya.

BACA JUGA:Abimanyu, Anak dari Arjuna yang Gugur Dalam Perang Bharatayudha

Setelah dewasa ia berangkat menuju Kerajaan Amarta untuk menemui ayah kandungnya. Setibanya di Amarta, Antasena justru mendapat kabar buruk bahwa Bima dan saudara-saudaranya disekap oleh Korawa bernama Prabu Ganggatrimuka. Antasena pun berhasil menemukan Bima dan Pandawa lain dalam kondisi mati akibat disekap di dalam penjara besi yang ditenggelamkan di laut.

Berkat Cupu Madusena pusaka pemberian kakeknya, Antasena berhasil menghidupkan mereka kembali dan membunuh Ganggatrimuka. Setelah pertarungan itu, Antasena menikahi sepupunya yang bernama Janakawati yang tak lain adalah putri Arjuna.

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Ada Warga Dimakan Buaya di Sungai Selagan Mukomuko

Keistimewaan Antasena
Antasena memiliki beberapa keistimewaan yang membuatnya menjadi ksatria edan tanpa tanding. Berikut beberapa di antaranya:

- Antasena memiliki kulit yang terlindung oleh sisik udang yang membuatnya kebal terhadap segala jenis senjata. Sisik udang ini ia dapatkan dari ibunya yang merupakan putri Batara Baruna.

- Antasena memiliki kemampuan mampu terbang, amblas ke dalam bumi, serta menyelam di air. Kemampuan ini ia dapatkan dari ayahnya yang merupakan putra Batara Bayu.

- Antasena memiliki pedang sakti bernama Gadaiswara yang mampu memancarkan api dan petir. Pedang ini ia dapatkan dari Sang Hyang Antaboga yang mendidiknya menjadi satriya.

BACA JUGA:Usai Libur Panjang, ASN Kota Bengkulu Harus Masuk Sesuai Jadwal

- Antasena memiliki Cupu Madusena yang mampu menghidupkan orang mati¹. Cupu ini ia dapatkan dari kakeknya yaitu Batara Baruna.

- Antasena memiliki ilmu kanuragan tingkat tinggi yang ia pelajari dari Sang Hyang Narada dan Sang Hyang Wenang.

- Antasena memiliki ilmu kanuragan tingkat tinggi yang ia pelajari dari Sang Hyang Narada dan Sang Hyang Wenang. Ilmu ini membuatnya mampu mengeluarkan tenaga dalam dan menghancurkan lawan dengan sekali pukul.

Kisah-kisah Antasena
Antasena terlibat dalam berbagai kisah-kisah pewayangan yang menunjukkan kekuatan dan keberaniannya. Berikut beberapa di antaranya:

- Antasena pernah bertarung melawan Prabu Salya dari Kerajaan Mandrakumara yang merupakan pamannya sendiri. Dalam pertarungan itu, Antasena berhasil mematahkan tombak sakti Salya yang bernama Nagapuspa.

BACA JUGA:Kawal Arus Mudik Hingga Balik Lebaran 2024, PLN Siaga di Zona Utama Transportasi Publik

- Antasena pernah bertarung melawan Prabu Baladewa dari Kerajaan Dwarawati yang merupakan paman sekaligus guru dari Pandawa dan Kurawa. Dalam pertarungan itu, Antasena berhasil menahan gada sakti Baladewa yang bernama Wijayanata.

- Antasena pernah bertarung melawan Prabu Kresna dari Kerajaan Dwarawati yang merupakan sepupu sekaligus penasehat dari Pandawa. Dalam pertarungan itu, Antasena berhasil menghindari panah sakti Kresna yang bernama Cakrabirawa.

- Antasena pernah bertarung melawan Prabu Arjuna dari Kerajaan Amarta yang merupakan ayah mertuanya sekaligus Pandawa nomor tiga. Dalam pertarungan itu, Antasena berhasil menangkis panah sakti Arjuna yang bernama Pasopati.

BACA JUGA:Semakin Berkelas, Simak 5 Tips Memilih dan Jenis-jenis Model Jok Mobil

- Antasena pernah bertarung melawan Prabu Bima dari Kerajaan Amarta yang merupakan ayah kandungnya sekaligus Pandawa nomor dua. Dalam pertarungan itu, Antasena berhasil mengalahkan Bima dengan menggunakan pedang Gadaiswara.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: