Lupa Membayar Zakat Fitrah, Apakah Perlu di Qadha? Simak Penjelasan Ustaz Abdul Somad Berikut

Lupa Membayar Zakat Fitrah, Apakah Perlu di Qadha? Simak Penjelasan Ustaz Abdul Somad Berikut

Ustaz Abdul Somad jelaskan tentang lupa membayar zakat fitrah-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Kapan Waktu Membayar Zakat Fitrah? Ustaz Abdul Somad Sebut Ada 2, Berikut Penjelasannya

"Kalau khatib sudah naik ke atas mimbar,  maka ia hanya sekedar sedekah saja, tidak dihitung lagi sebagai zakat fitrah," terang Ustaz Abdul Somad.

Ustaz Abdul Somad juga menjelaskan bahwa tidak ada qadha (penggantian) untuk zakat fitrah.

Jika seseorang terlanjur tidak membayar zakat fitrah, disarankan untuk tetap bersedekah dan meminta ampunan kepada Allah SWT.

"Jadi, apa yang harus dilakukan? Tetap bersedekah, dan beristigfar minta ampun kepada Allah. Jangan di ulang lagi di waktu yang akan datang," papar Ustaz Abdul Somad.

Waktu pembayaran zakat fitrah cukup panjang, yaitu sepanjang bulan Ramadan. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk tidak melaksanakan kewajiban zakat fitrah.

Namun, jika seseorang lupa membayar zakat fitrah setelah bulan Ramadan berakhir, yang dapat dilakukan adalah bersedekah di hari-hari biasa dan memperbanyak istighfar kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Tradisi Maaf-maafan Saat Idul Fitri, Ini Kata Ustaz Abdul Somad

BACA JUGA:Benarkah Pahalanya Double? Bila Puasa Qadha Digabung dengan Puasa Syawal, Berikut Penjelasan Ustaz Abdul Somad

"Begitu panjang waktu, kok tak bayar zakat fitrah. Dari mulai 1 Ramadhan sudah bisa zakat fitrah sampai khatib naik mimbar. Tak ada alasan tidak zakat fitrah. Tapi bagi yang sudah terlanjur, apa boleh buat. Maka bersedekah, banyak-banyak istigfar, minta ampun kepada Allah," demikian Ustaz Abdul Somad.

Itulah penjelasan Ustaz Abdul Somad tentang yang harus dilakukan seseorang yang lupa membayar zakat fitrah. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: