Puasa 6 Hari Sama dengan Puasa Setahun, Ini 4 Keutamaan Puasa di Bulan Syawal

Puasa 6 Hari Sama dengan Puasa Setahun, Ini 4 Keutamaan Puasa di Bulan Syawal

Keutamaan puasa syawal-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Setelah Ramadhan usai, masih ada bulan Syawal yang sama-sama memiliki keistimewaan. Umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan puasa selama 6 hari di bulan Syawal.

Ustadz Khalid Basalamah menyebutkan bahwa salah satu ibadah yang dapat dilakukan pasca bulan ramadhan adalah puasa syawal.

"Banyak orang tidak mau puasa syawal, kenapa? Entah. Apa alasannya? Padahal hadisnya mulia, hadist riwayat Imam Bukhari Muslim," kata Ustadz Khalid Basalamah.

Ustaz Khalid menjelaskan, berpuasa selama 6 hari di bulan syawal sama seperti berpuasa selama satu tahun penuh.

BACA JUGA:Agar Banjir Pahala dan Mendapat Keberkahan, Amalkan 7 Amalan Utama di Bulan Syawal Ini

"Kita bayangkan teman-teman sekalian, andai kita berpuasa nonstop 365 hari, bayangkan rumitnya dan susahnya kita puasa setiap hari selama setahun," ujar Ustaz Khalid.

"Tapi Allah dengan kemahamurahannya akan memberikan kita pahala setahun hanya dengan puasa Ramadhan kemarin, lalu Allah mudahkan ikut 6 hari saja dari bulan syawal," imbuhnya.

Selain mendapat pahala puasa selama satu bulan penuh, berikut keutamaan lain dari puasa sunnah Syawal.

1. Penyempurna puasa Ramadhan

BACA JUGA:Agar Rezeki hingga Karier Berubah Besar, Ustaz Da'sad Latif Sarankan Amalan Ini

Salah satu manfaat ibadah sunnah adalah sebagai penyempurna ibadah wajib. Seperti salat sunnah qabliyah dan ba’diyah, puasa sunnah Syawal juga bisa menjadi penyempurna puasa Ramadhan.

2. Tanda diterimanya puasa Ramadhan

Salah satu ciri-ciri amalan seseorang diterima adalah konsisten melakukan ibadah lain. Setelah melakukan puasa satu bulan penuh di bulan ramadhan, maka puasa sunnah syawal menjadi penyempurna.

3. Bentuk rasa syukur kepada Allah SWT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: