Perlu Kita Ketahui, Ini Perbedaan Zakat, Infaq dan Sedekah, Simak Penjelasan Ustaz Adi Hidayat Berikut

Perlu Kita Ketahui, Ini Perbedaan Zakat, Infaq dan Sedekah, Simak Penjelasan Ustaz Adi Hidayat Berikut

Ustaz Adi Hidayat jelaskan perbedaan antara zakat, infaq dan sedekah-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Meskipun terlihat mirip dan memiliki tujuan yang sama, yaitu membantu mengatasi kemiskinan di masyarakat, zakat, infak, dan sedekah memiliki perbedaan yang mendasar.

Zakat, infak, dan sedekah merupakan tiga bentuk ibadah dalam agama Islam yang bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam mengurangi kemiskinan di masyarakat. Meski demikian, ketiganya memiliki perbedaan yang penting untuk dipahami.

BACA JUGA:Manfaat Zakat Fitrah untuk Umat Islam, Ustaz Adi Hidayat: Untuk Jiwa dan Nurani

BACA JUGA:Bolehkah Makan Sahur Setelah Adzan Subuh Karena Kesiangan? Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat dan Buya Yahya

Bagi umat Islam, memahami perbedaan antara zakat, infak, dan sedekah sangatlah penting. Namun, bagi yang belum familiar, tidak perlu khawatir. Berikut ini akan dijelaskan perbedaan ketiganya secara lebih detail.

Terkait dengan perbedaan zakat, infak dan sedekah sendiri, pernah dijelaskan Ustaz Adi Hidayat dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Adi Hidayat Official.

Menurut penjelasan dari Ustaz Adi Hidayat, sedekah merupakan istilah umum untuk segala bentuk amal baik dan berbakti kepada sesama.

Sedekah tidak hanya terbatas pada pemberian uang, tetapi juga dapat berupa barang atau makanan lainnya.

Dalam pandangan ini, zakat dan infak juga termasuk dalam kategori sedekah karena keduanya merupakan bentuk amal baik dan bakti kepada sesama.

Namun, perbedaan mendasar antara ketiganya terletak pada ketentuan syariat yang telah ditetapkan oleh Allah.

Menurut penjelasan dari Ustaz Adi Hidayat, zakat adalah kewajiban yang harus dipenuhi oleh umat Muslim yang mampu dan memiliki kelebihan harta.

Besaran zakat yang harus dibayarkan bervariasi tergantung pada jenis harta yang dimiliki.

Sebagai contoh, zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan setiap bulan Ramadhan dengan besaran satu sha’, sedangkan zakat mal adalah zakat yang harus dibayarkan setiap tahunnya berdasarkan jumlah kekayaan yang dimiliki.

BACA JUGA:Ingin I'tikaf untuk Mengejar Lailatul Qadar, Ustaz Adi Hidayat Ingatkan Adab-adab Saat I'tikaf di Masjid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: