Tanpa Obat, Ini Dia 10 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Paling Ampuh

Tanpa Obat, Ini Dia 10 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Paling Ampuh

Tips-tipsnya efektif dan mudah untuk dilakukan, bahkan oleh anak-anak sekalipun.-freepik.com -

Memastikan asupan tubuh terpenuhi adalah tips agar tidak mabuk perjalanan yang bisa Anda lakukan. Dengan memenuhi asupan cairan, Anda dapat terhindar dari dehidrasi yang menyebabkan kepala terasa pusing dan mual.

Oleh karena itu, pastikan untuk membawa air secukupnya saat Anda hendak berpergian. Selain air putih, jus dan susu dapat menjadi pilihan minuman yang aman dikonsumsi selama di perjalanan.

Sementara itu, kopi dan minuman bersoda justru dapat memicu dehidrasi dan menyebabkan Anda mengalami mabuk perjalanan.

4. Kurangi penggunaan gawai

Menggunakan gawai adalah salah satu kegiatan yang kerap dilakukan untuk mengatasi rasa bosan di perjalanan. Nyatanya, penggunaan gawai secara terus menerus justru memicu mabuk perjalanan. Hal ini terjadi karena ketidaksesuaian sinyal yang diterima mata dan telinga, sehingga menimbulkan gejala mabuk perjalanan.

Jadi, mengurangi penggunaan gawai di perjalanan adalah salah satu tips agar tidak mabuk perjalanan yang bisa Anda terapkan.

BACA JUGA:10 cara Cegah Masalah Kesehatan Mulut dan Gigi Selama Puasa Ramadan

5. Hindari membaca buku di perjalanan

Sama seperti penggunaan gawai, ketidaksesuaian sinyal yang diterima otak, mata, dan telinga saat Anda membaca buku juga dapat menyebabkan mabuk perjalanan. Sebagai gantinya, Anda dapat mendengarkan musik atau tidur untuk mengatasi kebosanan di perjalanan.

6. Hindari makanan yang memicu asam lambung

Hindari mengonsumsi makanan pedas, berminyak, dan asam sebelum maupun selama di perjalanan. Pasalnya, makanan-makanan tersebut dapat memicu naiknya asam lambung. Kondisi tersebut menyebabkan mual dan muntah dan memperparah keluhan mabuk perjalanan.

7. Konsumsi jahe

Jahe adalah tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah mencegah mabuk perjalanan. Penelitian menunjukkan bahwa jahe mampu menjaga fungsi pencernaan termasuk mengurangi rasa mual.

BACA JUGA:Manfaat Konsumsi Madu untuk Kesehatan Selama Puasa di Bulan Ramadan

Mengonsumsi minuman jahe atau permen jahe merupakan tips agar tidak mabuk perjalanan yang terbukti ampuh. Bahkan, mengonsumsi jahe dianggap lebih efektif daripada minum obat yang biasa digunakan untuk mengatasi mabuk perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: