10 cara Cegah Masalah Kesehatan Mulut dan Gigi Selama Puasa Ramadan

10 cara Cegah Masalah Kesehatan Mulut dan Gigi Selama Puasa Ramadan

Kondisi kesehatan gigi dan mulut harus tetap terjaga saat puasa-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selama Ramadan hal yang harus diperhatikan adalah masalah kesehatan gigi dan mulut, pasalnya hal tersebut sering menjadi keluhan saat bulan puasa.

Saat puasa, tubuh kita tidak mendapat asupan cairan selama belasan jam. Akhirnya, bibir jadi kering. Selain itu, mulut juga kerap mengeluarkan aroma tidak sedap. Padahal, kita sudah sikat gigi sebelumnya.

Belum lagi, ada sariawan yang kerap muncul saat puasa. Tentu saja, hal ini bikin puasa jadi tidak nyaman.

Hal ini tentu menimbukan ketidaknyamanan saat menjalani ibadah puasa, telebih bagi kamu yang banyak menjalani aktivitas di luar rumah. 

Oleh karena itu, kondisi kesehatan gigi dan mulut harus tetap terjaga saat puasa. Simak caranya berikut ini, yuk!

BACA JUGA:Agar Tubuh Tetap Sehat dan Semangat untuk Puasa, dr Zaidul Akbar Sarankan Hindari 5 Makanan Ini

1. Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah kunci utama yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mulut. Untuk itu, pastikan untuk menyikat gigi dua kali sehari, yaitu setelah makan sahur dan sebelum tidur, ya.

Selama berpuasa, produksi air liur akan berkurang sehingga meningkatkan senyawa yang bikin bau mulut. Kalau gigi tidak rutin dibersihkan, makan sisa makanan akan menumpuk dan bikin bau mulut makin parah.

Gunakan sikat gigi berbulu halus dan pasta gigi ber-fluoride untuk bersihkan seluruh permukaan gigi dan gusi. Sebagai informasi, fluoride berfungsi mengisi mineral-mineral yang hilang pada gigi sehingga tak cepat berlubang.

2. Gunakan Benang Gigi

Selain menyikat gigi, membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi juga penting dilakukan saat berpuasa. Siapa sangka, ternyata penggunaan benang gigi bisa mengangkat sisa makanan dan plak yang tertinggal.

Kamu bisa menggunakan benang gigi atau flossing minimal sekali sehari, terutama sebelum tidur. Selain itu, kita juga bisa menggunakan obat kumur di malam hari untuk menghindari larutan tertelan. 

BACA JUGA:Tips Jitu Cara Diet Rendah Garam yang Aman dan Tepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: