Bolehkah Sholat Tahajud Setelah Sholat Witir Selama Ramadan, Simak Pembahasan Berikut

Bolehkah Sholat Tahajud Setelah Sholat Witir Selama Ramadan, Simak Pembahasan Berikut

Hukum mengerjakan salat tahajud setelah salat witir pada bulan ramadan-freepik.com -

Witir

Witir adalah salat sunah dengan rakaat ganjil dan disebut sebagai salat sunah penutup atau menjadi penutup malam. Anjuran melaksanakan salat witir ada di banyak hadis. Salah satu dari hadis itu ialah berikut ini:

اجْعَلُوا آخِرَ صَلَاتِكُمْ بِاللَّيْلِ وِتْرًا

 

Artinya: "Jadikan salatmu yang paling akhir di waktu malam berupa salat witir," (HR Bukhari dan Muslim).

Sedangkan pada bulan ramadan, umumnya umat Islam menggelar salat witir usai salat tarawih yang dilakukan selepas salat isya.

Sholat Tahajud Setelah Witir pada Bulan Ramadhan

Bagaimana jika melangsungkan salat tahajud pada malam hari padahal sudah melaksanakan salat witir usai tarawih?

Seperti dikutip dari artikel "Shalat Tahajud Setelah Shalat Witir, Bolehkah?" yang ditulis Ali Zainal Abidin dalam laman resmi NU Online, mengerjakan salat tahajud setelah salat witir boleh-boleh saja dilakukan.

Sebabnya adalah perintah untuk menjadikan salat witir sebagai salat sunah penutup malam hanya sebatas anjuran, bukan merupakan sebuah kewajiban.

Namun, disebutkan bahwa apabila sudah memiliki niat untuk menggelar salat tahajud pada malam hari, sebaiknya mengakhirkan salat witir tersebut agar bisa dilangsungkan setelah salat tahajud.

BACA JUGA:Benarkah Menggunakan Lipstik Bisa Membatalkan Puasa, Simak Penjelasan Ustaz Abdul Somad Berikut

Sementara jika sudah melaksanakan salat witir setelah salat tarawih, maka tidak perlu mengulangi ibadah sunnah ini apabila melakukan salat tahajud pada malam hari usai bangun tidur.

Jadi, salat witir yang sudah dikerjakan tidak perlu dilaksanakan sampai dua kali pada satu malam yang sama. Bahkan, sebagian ulama berpendapat salat witir yang dikerjakan dua kali hukumnya menjadi tidak sah.

Dengan mengetahui hukum dan keutamaan sholat tahajud dan witir, artikel ini dapat memberikan motifasi agar kita dapat meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: