Bolehkah Sholat Tahajud Setelah Sholat Witir Selama Ramadan, Simak Pembahasan Berikut

Bolehkah Sholat Tahajud Setelah Sholat Witir Selama Ramadan, Simak Pembahasan Berikut

Hukum mengerjakan salat tahajud setelah salat witir pada bulan ramadan-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagian orang memperyanyakan apa hukum mengerjakan salat tahajud setelah salat witir pada bulan Ramadan.

Bagi kamu yang belum mengetahui hukumnya bagaimana, artikel ini akan memberikan informasi berkitan dengan apa yang sudah di jelaskan sebelumnya. Oleh karena itu, simak ulasannya berikut. 

Hukum mengerjakan salat tahajud setelah salat witir pada bulan ramadhan adalah dibolehkan. 

Pasalnya, mengerjakan salat witir sebagai penutup malam atau untuk mengakhiri salat-salat sunnah di malam hari merupakan amalan sunnah, bukan ibadah wajib.

Meskipun demikian, bila sudah memiliki niat untuk mengerjakan salat tahajud pada malam hari, umat muslim dianjurkan mengakhirkan salat witir.

Dengan begitu, setelah mengerjakan salat tarawih, pelaksanaan salat witir bisa ditunda. Witir baru dilaksanakan setelah salat tahajud pada akhir malam.

BACA JUGA:Agar Anak Perempuan Tumbuh Menjadi Sholeha, Pintar dan Berakhak Mulia, Amalkan 4 Doa Berikut

Keutamaan Sholat Tahajud Dan Witir Selama Ramadhan 

Melaksanakan salat tahajud pada waktu malam, yakni usai bangun dari tidur, sangat dianjurkan di hari-hari biasa. Keutamaan melaksanakan salat tahajud tentu lebih tinggi pada malam Ramadan. Berikut ini keutamaan sholat tahajud dan witir.

Tahajud 

Keutamaan salat tahajud terlihat dari adanya anjuran melaksanakan ibadah sunnah ini di dalam Al-Qur'an, yakni surat Al-Isra ayat 79:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَاماً مَحْمُوداً

Artinya: "Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji," (QS. Al-Isra: 79).

Dalam surat itu, firman Allah SWT sangat jelas mengungkapkan bahwa salat tahajud mempunyai keutamaan yang tinggi.

Bahkan, Rasulullah SAW selalu menjalankan salat sunah tersebut dengan istiqomah. Oleh sebab itu, salat tahajud sangat dianjurkan untuk dilaksanakan umat Islam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: