Bolehkah Anak Diajarkan Puasa Setengah Hari, Ini Kata Ustaz Khalid Basalamah

Bolehkah Anak Diajarkan Puasa Setengah Hari, Ini Kata Ustaz Khalid Basalamah

Ustaz Khalid Basalamah jelaskan tentang boleh tidaknya mengajarkan anak puasa setengah hari di bulan ramadhan-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Keluar Darah Haid Sebelum Berbuka, Bagaimana Status Puasanya? Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Menurut Ustaz Khalid Basalamah, tidak ada batasan usia awal yang ideal bagi anak-anak untuk mulai belajar berpuasa.

Pengajaran mengenai puasa dapat dimulai pada usia berapapun sesuai dengan kesiapan anak dan situasi keluarga masing-masing.

Ustaz Khalid Basalamah juga menceritakan bahwa anaknya yang masih berusia 5 tahun telah diberi pengertian dan pemahaman tentang puasa oleh ibunya.

"Umurnya tidak ada ketentuan, anak saya berumur lima tahun dimotivasi istri saya untuk berpuasa. Masya Allah dia berpuasa full seharian ikut berbuka puasa sama kami dirumah," terang Ustaz Khalid Basalamah.

Namun, yang terpenting adalah tidak boleh ada paksaan terhadap anak untuk melakukan sahur dan berbuka.

Orang tua seharusnya memberikan motivasi dan mengajak anak-anak mereka secara perlahan-lahan untuk makan sahur dan berpuasa sepanjang hari.

Ustaz Khalid Basalamah juga menjelaskan pentingnya bagi orang tua untuk tidak mengajarkan anak-anak mereka tentang berpuasa setengah hari.

BACA JUGA:Amalan Nuzulul Qur'an, Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Keutamaan dan Fungsi Al Qur'an

BACA JUGA:Golongan Orang-orang yang Celaka di Bulan Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Ciri-cirinya

Hal ini karena puasa dalam Islam dimulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dan tidak ada ketentuan yang secara spesifik mengatur berpuasa setengah hari.

Oleh karena itu, lebih baik untuk mengajarkan anak-anak tentang puasa penuh sejak awal.

Dalam syariat Islam tidak ada istilah berpuasa setengah hari, hanya puasa sehari penuh yang diakui.

Adanya pengajaran tentang berpuasa setengah hari dapat menyebabkan pemahaman yang keliru pada anak mengenai waktu yang sebenarnya dalam menjalankan ibadah puasa.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan pendidik untuk memberikan pemahaman yang tepat dan konsisten kepada anak-anak mengenai prinsip-prinsip puasa dalam Islam, agar mereka memahami dengan jelas bahwa puasa dimulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: