Kapan Waktu Membaca Doa Buka Puasa, Sebelum Atau Sesudah Minum? Simak Penjelasan Ustaz Adi Hidayat Berikut

Kapan Waktu Membaca Doa Buka Puasa, Sebelum Atau Sesudah Minum? Simak Penjelasan Ustaz Adi Hidayat Berikut

Ustaz Adi Hidayat jelaskan waktu untuk berdoa saat buka puasa-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Perbedaan pendapat mengenai waktu membaca doa buka puasa memang ada dalam masyarakat. Namun, tidak ada pendapat yang secara khusus ditegaskan oleh ajaran Islam.

Beberapa orang meyakini bahwa doa buka puasa seharusnya dibaca sebelum mereka meminum air untuk memulai berbuka puasa, sementara yang lain percaya bahwa doa buka puasa harus dibaca setelah mereka meminum air.

Terkait dengan hal tersebut, Ustaz Adi Hidayat pernah menjelaskan dalam suatu ceramah yang videonya diunggah di kanal Youtube Ceramah Pendek.

BACA JUGA:Kapan Waktu Terbaik Sahur Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW? Simak Penjelasan Ustaz Adi Hidayat Berikut

BACA JUGA:Tanda Seseorang Sukses Menjalankan Ibadah Puasa, Ustaz Adi Hidayat Ungkap Beberapa Hal Berikut

Dalam ceramahnya, Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa tidak masalah apakah seseorang membaca doa buka puasa sebelum atau sesudah meminum air.

Menurut penjelasannya, keduanya memiliki makna yang sama, yaitu menandakan bahwa seseorang telah melakukan berbuka puasa. 

"Sebetulnya mau sebelum atau sesudah buka itu baik-baik saja, enggak ada masalah, Bismillah kita minum air, lalu baca doa buka puasa itu, tidak masalah," kata Ustaz Adi Hidayat.

Meskipun demikian, Ustaz Adi Hidayat tidak menganggap masalah jika seseorang memilih untuk membaca doa buka puasa setelah meminum air.

Terlebih lagi, dalam terjemahan bacaan doa, terdapat frasa telah hilang haus, yang memberikan pengertian bahwa seseorang telah merasa puas setelah minum air.

Oleh karena itu, baik membaca doa sebelum maupun setelah meminum air memiliki makna yang sama, yakni menandakan berakhirnya puasa dan rasa haus.

"Tapi kalau melihat hadisnya, itu tanda-tanda dari kata-kata, nampaknya lebih menunjuk pada sebelum kita minum air, bukan setelah kita minum. Walaupun setelah kita minum juga silakan. Biasanya yang membaca setelah minum itu menerjemahkannya ‘telah hilang haus’, maka minum dulu," papar Ustaz Adi Hidayat.

BACA JUGA:Apa Saja Keutamaan dari Makan Sahur, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Berapa Jarak Tempuh Musafir untuk Bisa Membatalkan Puasanya, Simak Penjelasan Ustaz Adi Hidayat Berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: