Biar Gak Salah Kaprah! Ini Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Biar Gak Salah Kaprah! Ini Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Wirausaha dan wiraswasta merupakan dua hal yang berbeda namun terkadang disamakan istilahnya--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dalam lingkup bisnis, seringkali kita mendapati istilah “wirausaha” dan “wiraswasta” sering digunakan secara silih berganti. Walau keduanya berkaitan erat dengan dunia usaha, ada perbedaan yang cukup mencolok di antara keduanya. Artikel ini akan membahas lebih jauh perbedaan wirausaha dan wiraswasta. Nah, tanpa berlama-lama lagi, yuk simak ulasan di bawah ini mengenai apa perbedaan wirausaha dan wiraswasta.

BACA JUGA:Begini Cara Mendaftarkan Merek Dagang di DJKI Kemenkumham

Wirausaha adalah seseorang atau sekelompok individu dengan ide yang kreatif atau inovatif, dan mereka mengembangkan bisnis atau usaha berdasarkan ide tersebut. Mereka berani terhadap risiko, selalu mencari inovasi, dan berupaya menciptakan nilai tambah di pasar. Biasanya, wirausaha memiliki visi besar untuk mengubah dunia melalui bisnis mereka.

Sedangkan wiraswasta adalah seseorang fokus utamanya adalah mencari keuntungan dan pengembalian investasi dalam menjalankan bisnis. Mereka tidak selalu menciptakan produk atau layanan baru, tetapi lebih menekankan pada pengelolaan bisnis yang ada atau pengembangan usaha yang sudah mapan.

Perbedaan utama antara keduanya terletak dalam pendekatan, motivasi, dan karakteristiknya, perbedaan wirausaha dan wiraswasta akan kita bahas di bawah ini.

BACA JUGA:Gunakan Snapdragon 8s Gen 3, Xiaomi Civi 4 Pro Memperlihatkan Potensinya

Apa Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha?
Lantas, apa saja perbedaan wirausaha dan wiraswasta? Berikut adalah perbedaannya;

1. Fokus Usaha
Dari segi fokus usaha, terdapat perbedaan wirausaha dan wiraswasta. Seorang wirausaha memusatkan perhatian sepenuh waktu pada usahanya, sementara seorang wiraswasta hanya menjadikan usaha sebagai aktivitas paruh waktu. Untuk memberikan contoh yang lebih sederhana, kita bisa mengambil contoh seseorang yang bekerja sebagai pegawai yang juga memiliki usaha menjual makanan. Dalam hal ini, dia dapat dianggap sebagai seorang wiraswasta.

2. Kepemilikan Aset yang Berbeda
Perbedaan wirausaha dan wiraswasta yang selanjutnya adalah pada kepemilikan aset. Aset ini meliputi kepemilikan modal, sumber daya finansial, dan peran dalam mengambil keputusan terkait operasional bisnis. Seorang individu dianggap sebagai wirausahawan ketika ia ikut dalam operasional usaha dengan tingkat keterlibatan yang lebih rendah. Sebaliknya, seorang wiraswasta memiliki aset pribadi yang digunakan dalam bisnisnya.

BACA JUGA:Apa Saja Keutamaan dari Makan Sahur, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

3. Lingkup Bisnis Berbeda
Seorang pengusaha memiliki potensi untuk menjalankan berbagai jenis usaha, bahkan mungkin terlibat dalam beberapa bidang sekaligus. Dalam hal ini, seseorang akan diklasifikasikan sebagai seorang wirausaha ketika bisnisnya memiliki cakupan yang luas. Sebagai contoh, jika seseorang menjalankan usaha makanan dan juga menawarkan jasa grooming hewan yang dikuasai, maka dia dapat dianggap sebagai seorang wirausaha.

4. Rencana Bisnis Kedepan
Perbedaan wirausaha dan wiraswasta yang berikutnya terletak pada rencana pengembangan bisnis. Wirausahawan memiliki wawasan yang mendalam dan fleksibel untuk selalu memperbarui strategi bisnisnya sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru. Sedangkan, wiraswasta biasanya punya pola pikir yang lebih konservatif dan sering merasa cukup dengan pencapaian target jangka pendek yang mereka tetapkan.

5. Perbedaan Pola Pikir
Perbedaan wirausaha dan wiraswasta dapat dilihat dari pola pikir. Seorang wirausaha adalah seseorang yang membuka usaha baru dan beroperasi secara mandiri. Mereka mampu mengidentifikasi berbagai peluang yang dapat mereka manfaatkan untuk menghasilkan keuntungan. Di sisi lain, seorang wiraswasta memiliki pandangan bahwa dengan meneruskan atau mengelola sebuah konsep bisnis yang sudah ada, mereka dapat menghasilkan profit yang lebih besar.

BACA JUGA:Ini Dia Simulasi Angsuran Pinjaman KUR BRI Rp100 Juta untuk Pelaku Usaha

6. Perbedaan Tujuan
Perbedaan wirausaha dan wiraswasta ada pada tujuan dalam bekerja. Wiraswasta bertujuan untuk mendukung dan mengembangkan bisnis yang dimiliki oleh orang lain. Ini berarti mereka terlibat dalam aktivitas yang menambah nilai pada produk atau usaha orang lain. Sementara itu, tujuan wirausaha adalah menciptakan barang atau jasa dengan model bisnis yang sudah mapan dan menjualnya sebagai produk.

Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha Berdasarkan Ciri-cirinya
Perbedaan wiraswasta dan wirausaha bisa teridentifikasi melalui ciri-ciri yang melekat pada keduanya:

1. Ciri-ciri Wirausaha
Berikut adalah ciri-ciri wirausaha yang perlu Anda ketahui, yaitu antara lain;

a. Berani mengambil risiko
b. Memiliki rasa percaya diri yang cukup tinggi
c. Memiliki kemampuan khusus di bidang manajemen
d. Memiliki jiwa kepemimpinan
e. Orisinil atau mampu membuat inovasi
f. Memiliki pola pikir out of the box
g. Berorientasi pada tugas serta hasil
h. Seorang problem solver

BACA JUGA:Keren! BCA Jadi “Brand” Perbankan Terkuat di Dunia Versi Brand Finance

2. Ciri-ciri Wiraswasta
Menjadi seorang wiraswasta adalah pilihan yang menarik. Nah, apakah ciri-ciri di bawah ini ada pada Anda? Yuk lihat!

a. Memahami passion yang ia miliki
b. Orang yang disiplin serta memiliki dedikasi tinggi
c. Memiliki rencana untuk masa depan
Demikianlah ulasan kali ini mengenai perbedaan wirausaha dan wiraswasta yang perlu Anda ketahui. Di dunia bisnis, baik wirausaha maupun wiraswasta memegang peranan yang signifikan. Meskipun keduanya memiliki karakteristik dan tujuan yang berbeda, namun keduanya turut serta dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta menciptakan lapangan kerja.(**)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: