Kejar Malam Lailatul Qadar, Begini Hukum, Kegiatan Serta Manfaat I'tikaf di Bulan Ramadan

Kejar Malam Lailatul Qadar, Begini Hukum, Kegiatan Serta Manfaat I'tikaf di Bulan Ramadan

I'tikaf merupakan berdiam diri di masjid dengan niat untuk beribadah kepada Allah Swt-freepik.com -

Kegiatan yang Dilakukan Selama Beri’tikaf

Saat melakukan i'tikaf, amalan yang dilakukan tidak hanya duduk dan berdiam diri, melainkan berzikir, sholat malam, dan berdoa dengan muhasabah.

Salah satu dalil yang bisa dijadikan pedoman yakni berasal dari Imam an-Nawawi dalam kitab al-Majmu' ala Syarh al-Muhadzab:

قال الشافعي والأصحاب فالأولى للمعتكف الاشتغال بالطاعات من صلاة وتسبيح وذكر وقراءة واشتغال بعلم تعلما وتعليما ومطالعة وكتابة ونحو ذلك ولا كراهة في شئ من ذلك ولا يقال هو خلاف الأولى هذا مذهبنا وبه قال جماعة منهم عطاء والأوزاعي وسعيد بن عبد العزيز

Artinya: Imam Syafi'i dan ashab (para pengikutnya) berkata, 'Hal yang utama bagi orang yang beri'tikaf adalah menyibukkan diri dengan ketaatan dengan melaksanakan salat, bertasbih, berzikir, membaca Al-Qur'an, dan menyibukkan diri dengan ilmu dengan cara belajar, mengajar, membaca, dan menulis serta hal-hal sesamanya. Tidak dihukumi makruh dalam melaksanakan satu pun dari hal-hal di atas, dan tidak bisa disebut sebagai menyalahi hal yang utama (khilaf al-aula). Ketentuan ini merupakan pijakan mazhab kita (Mazhab Syafi'i), dan pendapat ini diikuti oleh golongan ulama, seperti Imam 'Atha, al-Auza'i, Sa'id bin Abdul Aziz.

BACA JUGA:Rahasia dan Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Ustaz Adi Hidayat Bagikan Cara Mudah Mendapatkannya

Manfaat I'tikaf

Adapun manfaat itikaf di masjid yang perlu diketahui:

1. Terjaga dari Perbuatan Maksiat

I'tikaf dapat membantu seorang Muslim untuk melaksanakan ibadah seperti sholat, puasa, atau membaca Al-Quran dengan khusyuk dan tumaninah, sehingga tidak sempat memikirkan atau melakukan perbuatan maksiat.

2. Dijauhkan dari Neraka Jahanam

Manfaat i'tikaf yang selanjutnya adalah dijauhkan dari neraka jahanam. Manfaat yang satu ini sangat didambakan oleh umat Muslim, sehingga banyak orang berlomba-lomba menggapai ridha-Nya melalui i'tikaf.

3.Mencari malam Lailatul Qadar

Rasulullah SAW senantiasa melaksanakan i'tikaf di 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Hal ini bertujuan untuk mencari malam Lailatul Qadr. Dengan begitu, ibadah yang dilakukan seakan lebih baik dari 1000 tahun.

BACA JUGA:Agar Puasa Bisa Satu Bulan Penuh dan Bebas dari Penyakit, Ustaz Adi Hidayat Sarankan Membaca Doa Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: