Agar Kendaraan Awet! Inilah Jenis Service Mobil yang Wajib Diketahui

Agar Kendaraan Awet! Inilah Jenis Service Mobil yang Wajib Diketahui

Servis berkala ini wajib banget dilakukan supaya mobil kamu optimal terus dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernah nggak kamu merasa mobil sudah nggak bekerja seoptimal waktu awal beli dulu? Nah, mungkin itu tanda kalau mobil kamu butuh banget servis. Mobil itu juga wajib diservis secara berkala lho. Jangan sampai kamu servis saat mobil sudah dalam kondisi bermasalah.

servis berkala ini wajib banget dilakukan supaya mobil kamu optimal terus dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama. Tentu kamu nggak mau mobil cepat rusak kan? Mobil yang gampang banget bermasalah biasanya berawal dari jarangnya melakukan servis berkala. Kalau kondisinya sudah begini, biasanya biaya servisnya bakal lebih besar lho.

BACA JUGA:Tips Jitu Strategi Cara Jualan di Tokopedia yang Efektif untuk Pemula

Lalu, kapan seharusnya servis berkala dilakukan? Nah, di bawah ini ada penjelasan lengkap jenis service mobil dan waktu yang tepat untuk melakukannya. Simak yuk!

Service Berkala
Jenis servis pertama bisa kamu lakukan secara berkala. Service berkala ini bukan didasarkan pada waktu, seperti 2 bulan sekali atau 1 tahun satu kali. Servis ini berdasarkan jumlah jarak tempuh mobil kamu dalam kilometer. Ada beberapa kali servis berkala, mulai dari 1.000 sampai dengan 20.000 km. Bisa dikatakan kamu wajib servis berkala pada jarak kelipatan 5.000 kilometer.

Servis berkala ini biasanya juga mengikuti ketentuan dalam buku service yang ada dalam paket pembelian mobil kamu. Nggak jarang kamu juga bakal disarankan melakukan servis rutin 6 bulan sekali. Pastikan buku ini jangan sampai hilang ya, supaya kamu bisa terus melakukan servis berkala di bengkel resmi mobil kamu secara gratis.

1. Service Mobil 1.000 Km
Biasanya saat kamu baru beli mobil nih, kamu bakal langsung diminta untuk servis saat sudah menyentuh 1.000 km. Lalu, apa sih yang diservis saat itu? Mobil kamu bakal dibersihkan dan di cek beberapa komponen yang ada di mesin oleh montir bengkel resmi.

BACA JUGA:Ini Dia Penyebab Wa Bisnis Error Dan Bagaimana Mengatasinya?

Beberapa komponen yang dicek biasanya berbagai macam oli seperti yang ada di mesin, power steering dan transmisi. Selain itu juga bakal dicek kondisi minyak rem, kopling dan air radiatornya. Pemeriksaan wajib juga bakal dilakukan pada bagian sistem kemudi, pembersihan filter udara, baut di roda, tekanan angin sampai dengan idle mesin.

2. Service Mobil 5.000 Km
Setelah mencapai 5.000 km, mobil disarankan untuk kembali diservis. Alasannya karena beberapa komponen perlu diganti supaya kinerjanya bisa terus maksimal. Komponen yang perlu diganti ini biasanya memang punya jadwal penggantian tiap 3 sampai dengan 4 bulan sekali. Komponen itu adalah filter oli, sistem steering dan kampas rem.

Pengecekan rutin juga bakal dilakukan pada cairan lain yang ada di mobil kamu seperti oli mesin. Tenang aja, soal harga, biasanya montir di bengkel resmi nggak menarik biaya kalau kamu servis rutin di 5.000 km karena masih masuk dalam fase gratis jasa sampai dengan 1 tahun pemakaian sejak pembelian.

3. Service Mobil 10.000 Km
Servis berkala berikutnya wajib kamu lakukan saat jarak tempuh mobil sudah di angka 10.000 km. Di fase ini, montir bakal melakukan pembersihan, mengecek komponen mobil seperti oli mesin, transmisi, power steering, kopling, minyak rem dan air radiator.

BACA JUGA:Cara Memulai Bisnis Sayuran Online? Ini Langkah Awalnya

Di bagian-bagian tadi terkadang sudah mengalami kebocoran walaupun masih baru menempuh 10.000 km. Ini bakal jadi perhatian utama montir saat handle mobil kamu. Biasanya montir juga bakal cek sistem kemudi, idle mesin, membersihkan filter udara, tekanan angin juga baut di roda mobil.

4. Service Mobil 15.000 Km
Selanjutnya, kamu wajib lakukan servis berkala saat mobil sudah menempuh 15.000 km. Di dalam fase ini ada beberapa hal yang dilakukan oleh montir bengkel resmi. Biasanya montir bakal mengganti oli mesin, mengecek baut kolong mbil, memeriksa minyak-minyak, fluida, suspensi, air radiator. Ini adalah paket servis pada jarak tempuh 15.000 km.

5. Service Mobil 20.000 Km
Biasanya mobil kamu sudah menempuh 20.000 km saat usianya sudah sekitar 1 tahun. Di fase ini, biasanya biaya servis bakal lebih besar dibandingkan paket sebelumnya.  Nah, komponen yang bakal diperiksa dan dibersihkan oleh montir cukup banyak nih,. Montir nantinya bakal membersihkan saringan udara dan throttle body. Setelah itu bakal dilakukan pengecekan rem di semua roda, penyetelan kelp, mengganti filter AC, busi sampai dengan balancing dan spooring.

Nggak cuma itu aja nih, rotasi ban menyilang dan kalibrasi idle juga bakal dilakukan. Umumnya servis berkala di 20.000 km ini termasuk batas akhir layanan perbaikan gratis yang diberikan oleh pabrikan nih. Di servis-servis selanjutnya, kamu bakal dikenakan biaya.

BACA JUGA:Agar Semua Dosa Gugur, Ustaz Adi Hidayat Sarankan Baca Doa Ini Setelah Sholat Tarawih

Service Tune Up
Nah, jenis servis mobil berikutnya yang biasanya dilakukan yaitu tune up. Apa itu tune up? Layanan servis ini bakal melakukan setel ulang pada semua komponen mobil kamu. Pengerjaannya bakal makan waktu yang cukup lama nih, tapi tenang aja ini nggak sering dilakukan kok. Di tahap ini, montir bakal cek komponen mobil kamu dengan lebih lengkap.

Pertanyaan yang sering banget ditanyakan adalah, apa sih bedanya servis berkala dan tune up? Ini dia bedanya :
- Servis berkala dilakukan sesuai jadwal, berkebalikan dengan tune up
- Durasi servis berkala lebih cepat dibandingkan tune up karena komponen yang dicek lebih sedikit
- Komponen yang  dicek oleh montir pada tahap tune up bakal lebih jauh dan mendalam, di mana saat servis berkala hanya dilakukan pengecekan di filter udara atau sistem injeksi

Saat kamu meminta servis tune up, montir bakal membersihkan ruang bakar serta mengecek suku cadangnya. Selain itu, montir juga bakal mengganti beberapa komponen yang sudah turun performanya, seperti aki, oli, fan belt, busi dan filter udara.

Service Body dan Cat
Salah satu jenis servis mobil yang fokus pada bagian luar atau eksterior mobil yaitu Body and Cat. Kegiatan servis ini bakal fokus memperbaiki eksterior mobil kamu, tergantung dari kebutuhan atau kondisi mobil kamu saat itu. Proses perbaikan ini bakal mengembalikan integritas dan keindahan struktural mobil yang rusak karena tergores, terbentur sampai dengan kecelakaan.

BACA JUGA:Begini Cara Deposito BRI agar Makin Menguntungkan

Baret halus, adanya bercak jamur di permukaan cat mobil biasanya jadi perhatian dari montir pada servis ini. Mobil bakal dilakukan polishing atau memoles cat mobil. Selain cat, perbaikan pada bumper, kap mesin, pintu dan fender juga termasuk dalam paket ini. Perbaikan body mobil ini bakal memakai teknik pengelasan, pengamplasan sampai penggantian.  Gimana, sekarang sudah makin tahu dong servis apa aja buat mobil kesayangan kamu? Jangan sampai kamu telat servis ya, supaya komponen mobil tetap dalam performa terbaiknya. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: