Agar Kendaraan Lebih Awet, Lakukan Tips Perawatan Ini

Agar Kendaraan Lebih Awet, Lakukan Tips Perawatan Ini

Pemilik kendaraan harus rutin ke bengkel untuk melakukan servis berkala--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kendaraan adalah kebutuhan yang sangat dibutuhkan orang-orang dalam kesehariannya. Bagaimana tidak? Berbagai macam aktivitas kita sehari-hari mengharuskan kita untuk pergi dan kendaraan akan sangat memudahkan kita untuk beraktivitas. Nah, kalau kamu sudah punya kendaraan, kamu juga perlu merawatnya dengan baik. Berikut adalah tips merawat kendaraan yang bisa kamu terapkan.

BACA JUGA:Variasi Foreplay! Dari Berciuman hingga Mandi Kucing

Tips Merawat Kendaraan Bermotor
Kendaraan dibagi menjadi 2 macam yaitu kendaraan beroda 2 seperti motor dan roda 4 seperti mobil. Kalau kamu punya motor, kamu harus membawanya untuk diservis secara rutin, apalagi jika kamu hampir memakainya setiap hari.

Umumnya, sepeda motor perlu di service setiap 2 atau 3 bulan sekali. Service rutin ini dilakukan supaya komponen yang ada pada sepeda motor tersebut tetap berada dalam keadaan baik sehingga kamu bisa meminimalisir terjadinya kerusakan fatal.

BACA JUGA:Inilah 10 Kelainan Seksual Beserta Cara Mengatasinya

Dalam melakukan service berkala pada sepeda motor, biasanya kamu akan diberikan pilihan paket service yang bermacam-macam seperti Servis Ringan, Servis Besar, Tune Up Motor/Servis Motor, Ganti Oli Mesin, Ganti Oli Gardan, Ganti Kampas Rem, Perawatan Aki, dan Ganti Filter Udara. Berbagai paket fasilitas service tersebut juga berlaku untuk kendaraan roda 4 atau mobil.

Service berkala sangatlah penting untuk dilakukan jika kamu punya motor. Hal ini juga dilakukan agar kamu tidak telat mengganti oli. Umumnya, oli sepeda motor kamu perlu diganti saat jarak tempuhnya sudah mencapai 2.000 km atau kira-kira 3 bulan sekali. Untuk mobil, biasanya olinya perlu diganti ketika jarak tempuhnya sudah mencapai 10.000 km atau sekitar 6 bulan sekali.

Terkadang ada beberapa orang yang juga ingin mengubah penampilan dari kendaraannya agar tampak beda dan lebih kece. Kalau kamu adalah salah satunya, kamu bisa membuat kendaraan kamu lebih kece dengan memasang aksesoris kendaraan.

BACA JUGA:Masokis! Bentuk Penyimpangan Seksual yang Berbahaya

Tips Merawat Kendaraan Saat Musim Hujan
Bagi kamu yang menggunakan mobil, kamu harus lebih telaten dalam merawat mobil kamu, terutama di saat musim hujan. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan-kerusakan yang lebih fatal. Tahukah kamu bahwa air hujan mengandung kandungan asam dan asam itu tidak bagus untuk kendaraan. Jika tidak dirawat dengan baik, mobil kamu bisa bermasalah.

Salah satu tips merawat mobil yang bisa kamu terapkan saat musim hujan adalah dengan mengeringkan mobil kamu. Hal ini dilakukan untuk menjaga lapisan cat mobil kamu agar lebih awet. Kamu juga perlu sering-sering membersihkan kaca mobil, terutama jika kamu ingin berkendara. Dengan kaca yang bersih dan jernih, kamu bisa melihat jalanan dengan lebih baik.

BACA JUGA:Tips Memilih Kontrasepsi yang Aman untuk Ibu Menyusui

Karpet mobil juga perlu kamu bersihkan secara rutin. Hal ini dilakukan agar tidak timbul bau-bau yang tidak sedap ataupun jamur di dalam mobil kamu. Mesin juga perlu kamu cek secara rutin. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada komponen mobil yang kemasukan air sehingga mobil tidak mendadak mogok saat kamu bepergian. Pada musim hujan, bagian bawah mobil kamu juga bisa menjadi lebih kotor, apalagi jika terkena lumpur. Inilah mengapa kamu perlu membersihkan kaki-kaki mobil secara rutin.

Untuk memberikan perawatan yang terbaik, kamu juga perlu alat-alat yang berkualitas untuk membersihkan mobilmu. Nah, setelah kamu mengetahui tips-tipsnya, berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu cek sendiri secara rutin agar kondisi mobil kamu terjaga. Berikut adalah komponen-komponen yang perlu kamu cek secara rutin.

BACA JUGA:Belum Mau Punya Momongan? Kenali 3 Metode KB Alami untuk Cegah Kehamilan

- Cek oli dan cairan pendingin
- Cek kondisi lampu
- Cek kondisi wiper
- Cek tekanan ban
- Cek bantalan rem
- Cek kebocoran
- Cek sabuk pengaman
- Cek rem kopling
- Cek ketersediaan ban cadangan
- Cek posisi kaca spion

Nah, itulah beberapa tips merawat kendaraan yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: