Cara Memulai Bisnis Sayuran Online? Ini Langkah Awalnya

Cara Memulai Bisnis Sayuran Online? Ini Langkah Awalnya

Bisnis jualan sayur secara online memiliki peluang keuntungan yang besar untuk terus dikembangkan--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bisnis sayuran online dapat menjadi salah satu opsi untuk Anda yang hendak berjualan. Terutama bagi Anda yang ingin memiliki pemasukan setiap harinya. Hal ini karena usaha ini memiliki produk yang dibutuhkan oleh pasar untuk dikonsumsi setiap hari. Sehingga memiliki peluang yang sangat bagus.

Bisnis jual sayuran online dapat Anda lakukan dengan menyewa toko ataupun hanya dirumah saja. Namun, jika Anda ingin menyewa sebuah toko, maka sebaiknya Anda memilih lokasi yang strategis. Seperti halnya dekat perumahan, dekat area yang sering ibu-ibu lalui, dan lain sebagianya. Selain itu, untuk dapat menjalan bisnis ini secara lancar, Anda dapat melakukan beberapa hal dibawah ini!

BACA JUGA:Begini Cara Deposito BRI agar Makin Menguntungkan

1. Pilih Sayuran yang Akan Dijual
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan jenis sayuran yang ingin dijual itu apa saja. Ada jenis sayuran yang mudah layu seperti halnya kangkung, bayam, dan lain sebagianya. Sementara untuk jenis tidak layu seperti halnya kentang, ubi, dan lain sebagainya. Namun, jika Anda ingin menjual kedua jenis sayur, pastikan untuk memisahkan tepatnya. Sehingga nantinya akan jauh lebih rapi.

2. Pilih Metode Pre-order
Setelah mengetahui jenis sayur yang hendak Anda jual, maka saatnya sekarang untuk mengetahui sistem pasar yang sedang Anda sasar. Bagi Anda yang ingin meminimalisir kerugian, maka  dapat  mencoba  bisnis sayuran organik online dengan sistem PO atau Pre Order. Sehingga barang atau produk yang nantinya Anda hendak jual adalah yang sudah dipesan.

3. Temukan Pemasok Berbiaya Rendah
Jualan sayuran konsep modern dapat menjadi salah satu model usaha yang dapat Anda gunakan. Misalnya, mengemas sayuran lengkap dengan bumbunya. Seperti halnya sayur sop, sayur asem, dan lain sebagainya. Kemudian, nantinya usaha sayuran packing ini menggunakan styrofoam  dengan bungkus plastic transfaran. Hal ini bermanfaat untuk memastikan sayuran dalam keadaan bersih dan terbebas dari debu.

BACA JUGA:Loker BPJS Kesehatan 2024: Cek Cara Pendaftaran Lowongan Terbaru Di Sini !

Namun, sebelum itu, pastikan Anda mengetahui dahulu pemasok sayuran. Dengan begitu, biaya yang Anda bayarkan pun tidak terlalu tinggi. Biasanya produk tersebut langsung dibeli dari petani atau tangan pertama. Bahkan jika Anda sudah berlangganan, ada beberapa pemasok yang memberikan harga diskon.

4. Tempat Penyimpanan Sayur Harus Selalu Bersih dan Rapi
Simpanlah sayuran berdasarkan dengan jenisnya sehingga penampilan toko atau usaha Anda jauh lebih rapi. Simpanlah sayuran yang perlu dimasukkan ke dalam kulkas dan yang tidak. Jika memang Anda menjual beberapa bahan additional seperti halnya bakso, tahu, daging, dan lain sebagainya, maka pisahkan penyimpannya.

Selain itu, penataan sayuran yang baik pun akan dapat membantu Anda untuk menyiapkan pemesanan lebih cepat karena produk akan lebih mudah ditemukan.  Dengan memilih jenis penyimpanan yang cocok, hal tersebut dapat menjaga kualitas dari produk yang Anda jual.  Hal ini pun menjadi salah satu cara mengambil untung jualan sayur.

5. Berikan Harga yang Bersaing
Cara jualan sayur untuk pemula selanjutnya yaitu menentukan harga untuk produknya. Namun, sebelum hal tersebut dilakukan ada baiknya Anda melakukan riset pasar terlebih dahulu. Jangan sampai harga yang Anda pasang terlalu rendah atau malah terlampau tinggi daripada yang lainya.

BACA JUGA:Persiapkan Berbagai Hal Ini Jika Ingin Kuliah di Luar Negeri

Hal ini hanya akan merugikan usaha yang kamu jalankankan saja. Pasal Ngalah harga yang cukup kompetitif untuk produk yang Anda jual nantinya. Misalnya, kompetitor menjual kangkung satunya 2k. Anda dapat menjual dengan harga yang sama atau menambahkan nominal sedikit dengan menambah pula produk yang didapatkan oleh konsumen. Misalnya, harganya Rp 3.000 dengan sudah dipotong dan ada bumbunya.

6. Menawarkan Berbagai Jenis Sayuran
Bisnis sayuran online dapat Anda mulai dengan beragam sayuran dan hal tersebut pun dapat menjadi daya tarik untuk konsumen. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa sayuran tersebut memang dibutuhkan oleh para konsumen yang Anda sasar. Misalnya menambahkan produk sayur luar seperti halnya jamur enoki dan lain sebagainya. Selain itu, Anda pun dapat menambahkan bumbu masakan ke dalam jualanmu. Seperti hanya bumbu putih, bumbu merah, dan lain-lain.

7. Manfaatkan Layanan Pengiriman yang Cepat dan Praktis
Untuk memudahkan Anda dalam mengirimkan barang, cobalah untuk bekerjasama dengan layanan pengiriman. Sehingga produk dapat sampai lebih cepat dan aman. Disini kamu dapat menikmati layanan instan dan sampai di hari yang sama. Hal ini pun menjadi salah satu cara promosi sayuran online sekaligus memberitahukan kepada konsumen bahwa Anda juga menyediakan layanan yang dapat memudahkan konsumen.

BACA JUGA:Kesal Alami Diare Saat Puasa? Begini Cara Ampuh Mengatasinya

8. Promosi Melalui Media Sosial
Selain cara-cara di atas, Anda juga perlu memasarkan produk melalui sosial media, baik itu facebook, instagram, dan kanal lainnya. Pilihlah media yang banyak digandrungi oleh target market Anda. Sehingga produk atau konten Anda akan memiliki peluang yang tinggi untuk dapat dilihat oleh konsumen. Selain itu, pastikan pula untuk membuat maskot, tagline, logo, desain kemasan,dan lain-lain. Pastikan pula hal tersebut dilakukan secara konsisten.

Cara Menjual Sayuran Secara Online
Untuk menjual  sayuran secara online, pastikan Anda pun memiliki akun online yang dapat dikunjungi oleh konsumen. Sehingga mereka dapat melihat produk yang sedang tersedia itu apa saja. Untuk lebih jauhnya, simak ulasan berikut ini dulu!

1. Membuat Akun Media Sosial
Untuk menjangkau sasaran yang lebih luas, sebaiknya Anda membuat akun sosial media terlebih dahulu. Dimana nantinya, akun ini khusus untuk bisnis sayur yang Anda kelola. Usahakanlah untuk memposting konten-konten yang menarik perhatian target market. Nantinya, untuk menarik trafik Anda pun dapat membuat konten yang memiliki relevansi dengan bisnis Anda.

2. Promosi ke Orang Terdekat Terlebih Dahulu
Sebelum memberitahu kepada orang lain, sebaiknya Anda pun memberitahukan kepada orang-orang terdekat terlebih dahulu. Siapa tahu mereka pun membutuhkan produk yang Anda jual, terutama produk tersebut adalah yang sering dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat menjadi salah satu perhitungan bisnis sayuran yang efisien. Pasalnya, dapat menghemat biaya promosi atau iklan.

BACA JUGA:Begini Menikmati Es Untuk Buka Puasa Tanpa Berlebihan dan Bikin Sakit

3. Buka Toko di Marketplace
Tidak perlu khawatir, apabila Anda belum memiliki website pribadi. Pasalnya Anda dapat membangun toko melalui marketplace. Selain itu, terdapat banyak fitur yang bisa nikmati untuk dapat menarik perhatian konsumen. Seperti halnya penawaran cashback, gratis ongkir, dan sebagainya. Selain itu, hal ini pun dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Bisnis sayuran online dapat Anda mulai dengan memilih jenis sayuran, menggunakan sistem pre-order, memilih tempat penyimpanan yang pas, dan lain sebagainya. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: