Cocok untuk Buka Puasa! Resep Roasted Milk Tea Ala Chatime yang Viral di Tiktok

Cocok untuk Buka Puasa! Resep Roasted Milk Tea Ala Chatime yang Viral di Tiktok

Salah satu hal yang membuat menu roasted milk tea menjadi unggul adalah adanya wangi karamel membuat roasted milk tea yang khas dibandingkan dengan milk tea yang biasanya--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Minuman teh yang dicampur dengan susu memang nggak pernah salah karena mampu menyegarkan tenggorokan. Apalagi jika dicampur dengan es bakalan meredakan dahaga saat waktu berbuka puasa tiba. Akhir-akhir ini sedang viral di Tiktok mengenai resep roasted milk tea ala chatime di mana proses pembuatannya juga sangat mudah dan rasanya enak.

Dibandingkan membeli minuman racikan atau kemasan, nyatanya kamu bisa membuat resep ini dengan harga murah dan hasil yang lebih melimpah juga tentunya.

BACA JUGA:Begini Cara Mendaftar Mudik Gratis PT KAI 2024

Salah satu hal yang membuat menu roasted milk tea menjadi unggul adalah adanya wangi karamel membuat roasted milk tea yang khas dibandingkan dengan milk tea yang biasanya. Salah satu hal yang membedakan menu tersebut dengan milk tea biasa adalah proses pembuatan tehnya yang dipanggang dulu sehingga aromanya bakalan lebih keluar.

Pemanggangan yang dilakukan dengan api kecil ini bakalan mengeluarkan aroma teh khas yang sangat pekat. Cocok banget untukmu yang memang suka dengan aroma teh yang lebih tebal dalam campuran milk tea milikmu. Adapun untuk membuatnya kamu membutuhkan beberapa hal penting di bawah ini!

Alat yang Dibutuhkan
- Panci
- Kompor
- Pengaduk anti panas
- Saringan
- Gelas

Bahan yang Dibutuhkan
- 5 sdm teh cap botol tubruk
- 6 sdm gula pasir
- Susu cair full cream secukupnya
- Es batu kristal secukupnya

BACA JUGA:Kamu Wajib Tahu! Ini Dia Rincian Biaya Nikah Sederhana

Cara Membuat
- Siapkan panci dengan kapasitas yang lebih cekung biar mampu menampung cairan lebih banyak kemudian letakkan di atas kompor namun jangan dinyalakan dulu.
- Masukkan teh dan gula ke dalam panci lalu aduk merata. Hidupkan kompor dengan nyala api yang kecil saja. Kemudian aduk kembali sampai kedua bahan tersebut menyatu dan meleleh dengan sempurna.
- Pastikan untuk terus mengaduk jangan sampai ada yang gosong, selanjutnya jika sudah mencair kamu bisa memasukkan sekitar 400 ml susu full cream atau takarannya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Masukkan susu tersebut sembari terus mengaduknya biar nggak ada yang menggumpal.
- Aduk kembali sembari memperhatikan didihan susunya, jika sudah mendidih kamu bisa mematikan kompor.
- Gunakan saringan untuk menyaring serbuk teh sehingga tertinggal sari teh susu yang siap untuk dikonsumsi. Kamu bisa menggunakan gelas atau wadah yang anti panas biar nggak meleleh.
- Siapkan gelas dan masukkan es batu banyak ke dalamnya. Selanjutnya teh susu yang sudah disaring tadi masukkan ke dalam gelas tersebut.
- Selesai, minuman ini siap untuk disajikan saat cuaca sedang panas sehingga mampu mengurangi dehidrasi.

Tips Bikin Roasted Milk Tea Ala Chatime Anti Gagal
Kamu tahu nggak sih meskipun terlihat sederhana ternyata membuat Roasted Milk Tea Ala Chatime banyak yang gagal karena nggak sesuai dengan instruksi dan takaran yang ada. Sehingga rasa dari minumannya bakalan aneh dan berujung nggak menggugah selera diminum. Biar nggak begitu kamu bisa cek tips lengkap bikin roasted milk tea anti gagal di bawah ini!

BACA JUGA:7 Makanan Sahur Agar Kuat Puasa Buat Si Kecil

1. Perhatikan Takaran Gula dan Teh
Tips pertama yang perlu kamu perhatikan dalam membuat resep ini adalah takaran dari gula dan tehnya. Kedua bahan ini harus seimbang biar rasanya nggak kemanisan atau bahkan terlalu pahit sehingga nggak enak untuk dikonsumsi. Meskipun resep ini memang menonjol di bagian tehnya namun bukan berarti kamu bisa memasukkannya bebas tanpa takaran.

Tips penting biar kamu nggak bingung seberapa banyakpun kamu membuat porsi minuman tersebut selalu lebihkan takaran untuk gula. Seperti contoh pada resep di atas ketika menggunakan takaran 5 sdm untuk teh maka kamu perlu menambah takaran gula sebanyak 6 sdm. Sehingga rasa pahit dan manisnya nanti bakalan lebih seimbang.

Takaran yang dimaksud adalah takaran untuk 1 sdm pas (peres) sesuai batas cekungan sendok, bukan yang terlalu tinggi porsi pengambilannya. Beda takaran bakalan memberikan cita rasa yang berbeda sehingga nantinya nggak mirip lagi dengan Chatime. ‘

2. Gunakan Panci Anti Lengket
Tips kedua yang bisa kamu lakukan adalah utamakan untuk menggunakan panci anti lengket dalam proses sangrai sampai semua pembuatan minumannya selesai. Kamu harus tahu kalau gula bakalan lengket ketika mencair di panci apalagi di sini kita nggak menggunakan minyak atau margarin sehingga bakalan gampang nempel di panci nantinya.

BACA JUGA:7 Makanan Sahur Agar Kuat Puasa Buat Si Kecil

Hanya saja ketika kamu menggunakan panci anti lengket nantinya bakalan lebih mudah diaduk bahkan ketika sudah dicampurkan dengan teh. Hasil akhirnya juga bakalan lebih oke dan nggak gampang gosong dibandingkan membuatnya menggunakan panci biasa yang nggak ada anti lengketnya. Tentu bakalan merepotkan banget untuk membersihkan sisa gula nantinya.

Selain panci yang anti lengket kamu juga harus memperhatikan ketebalan pancinya, hindari menggunakan panci yang terlalu tipis karena cenderung lebih mudah panas sehingga nanti waktu pengadukan bakalan lebih mudah gosong.

3. Gunakan Api yang Kecil
Tips ketiga yang perlu kamu perhatikan adalah utamakan untuk selalu menggunakan api kecil dalam membuat resep ini untuk meminimalisir gosong baik di pantat panci maupun pada racikan minuman yang dibuat. Api yang terlalu besar bakalan membuat gulanya mudah hangus sehingga rasanya menjadi pahit bukan yang ala smoke.

Api yang kecil juga bakalan membantu proses peresapan aroma teh ke dalam susu ketika dididihkan. Sehingga ketika susu sudah mendidih otomatis aroma tehnya sudah langsung tercampur sempurna di dalamnya, nggak perlu mendiamkannya dulu.

BACA JUGA:50 Sampel Makanan Buka Puasa Diperiksa BPOM Bengkulu, Ini Hasilnya

4. Pilih Teh yang Aromanya Enak
Selain menggunakan teh botol apakah boleh diganti dengan teh lainnya? Tentu saja boleh, kamu bisa menggantinya dengan teh lain yang biasa kamu konsumsi. Hanya saja utamakan untuk menggunakan teh yang original jangan yang ada tambahan melati atau bahan lainnya. Kamu juga nggak disarankan menggunakan teh hijau di sini.

Meskipun teh hijau aromanya enak dan sehat namun kamu harus tahu kalau teh hijau nggak cocok untuk membuat resep teh yang satu ini. Pilih teh hitam atau teh merah untuk mendapatkan rasa yang mirip ala Chatime.

5. Tambahkan Toping
Merasa minumanmu kurang nikmat? Jangan khawatir karena kamu bisa menambahkan beberapa toping untuk meningkatkan cita rasanya. Pertama, kamu bisa menambahkan toping boba dengan gula aren yang menggugah selera. Toping ini bakalan membuat minumanmu semakin mirip dengan Chatime aslinya.

BACA JUGA:Catat! Ini 21 Merk Kurma Hasil Produksi Israel yang Harus Dihindari

Kedua, kamu yang nggak suka dengan boba bisa menggantinya dengan potongan jelly tanpa gula. Kamu bisa memasukkan beragam warna jelly kemudian gunakan sebagai toping yang lezat banget. Ketiga, untukmu yang suka dengan rasa manis bisa menambahkan susu kental manis untuk menambah cita rasanya.Selamat mencoba.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: