Kamu Wajib Tahu! Ini Dia Rincian Biaya Nikah Sederhana

Kamu Wajib Tahu! Ini Dia Rincian Biaya Nikah Sederhana

Mungkin bagi kamu yang belum pernah mengurus pernikahan belum mengetahui dengan pasti kalau ternyata rincian biaya pernikahan sederhana cukup besar.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Biasanya setelah Lebaran, ramai orang melaksanakan pernikahan. Bagi kamu yang ingin melakukan pernikahan mungkin sudah tahu kalau harus menyiapkan beberapa list atau perencanaan sebelum memulai acara. Tujuannya agar kamu dapat mengetahui berapa perkiraan yang perlu kamu persiapkan, jadi nantinya kamu bisa mulai menyisihkan dana sejak sekarang.

Bahkan, jika ada yang ingin merencanakan pernikahan di masa depan maka mulai melakukan investasikan sejak sekarang. Ada begitu banyak jenis investasi yang bisa kamu coba untuk tujuan pernikahan, bahkan mereka mengklaim mulai investasi yang aman dan mudah. Kira-kira apa saja perencanaan biaya nikah sampai investasinya? Langsung simak penjelasannya di bawah ini:

BACA JUGA:Rekomendasi Mobil Matic untuk Wanita dengan Perawatan Mudah

Perencanaan Biaya Nikah
Kalau kamu ingin melakukan pernikahan maka harus mengetahui lebih dulu apa saja biaya nikah yang harus dikeluarkan, karena dengan begitu kamu bisa memprediksikan berapa dana yang perlus dipersiapkan. Yuk simak rincian biaya nikah sederhana berikut.

Mungkin bagi kamu yang belum pernah mengurus pernikahan belum mengetahui dengan pasti kalau ternyata rincian biaya pernikahan sederhana cukup besar. Hal ini dikarenakan ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan mulai dari biaya administrasi hingga biaya hiburan atau entertainment. Makanya kamu perlu menyiapkan berapa dana yang dikeluarkan untuk melakukan pernikahan.

Ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum melakukan pernikahan, diantaranya:

1. Cincin dan Mahar Perkawinan
Hal pertama yang perlu kamu masukkan ke dalam list perencanaan biaya nikah adalah cincin dan mahar perkawinan. Lain cerita dengan mahar perkawinan yang bisa berupa berbagai barang, jadinya nggak perlu mengecek adanya perubahan harga. Pada cincin pernikahan sendiri harga yang dibanderol tergantung dari adanya harga emas pada tahun tersebut, karena harga emas biasanya naik setiap tahun.

BACA JUGA:Begini Cara Mendaftar Mudik Gratis PT KAI 2024

Sementara itu, jika diprediksikan cincin pernikahan biasanya harganya berkisar pada beratnya. Satu pasang cincin dengan berat emas sebesar 3-5 gram biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 5 juta saja. Sedangkan untuk satu pasang cincin perak punya harga berbeda, kisaran harganya mulai dari Rp 2 juta saja.

Kalau untuk mahar sendiri biasanya dari kesepakatan kedua, namun harganya tentu nggak boleh melebihi kemampuan si calon suami. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau mahar bisa berupa emas, uang, perak, atau perlengkapan ibadah. Biasanya dana yang perlu kamu persiapkan untuk mahar sendiri bisa mulai dari Rp800 ribu sampai Rp1 juta
saja.

2. Biaya Administrasi
Selanjutnya perencanaan biaya nikah yang perlu kamu persiapkan adalah biaya administrasi. Artinya adalah biaya yang perlu kamu keluarkan untuk mengurus beberapa dokumen di KUA. Kamu bisa mengurus semua dokumen pernikahan di KUA pada hari senin-jumat dan di jam kerja saja. Kalau kamu melakukan dijadwal ini maka nggak akan disuruh membayar biaya administrasi alias gratis.

Sedangkan kalau kamu ingin mengurus dokumen pernikahan saat weekend, maka biasanya akan dikenakan biaya administrasi. Setiap daerah biasanya punya biaya administrasi yang berbeda-beda. Biaya yang perlu kamu bayarkan tersebut belum termasuk jasa penghulu, untuk hal ini kamu bisa membayarkannya secara sukarela.

BACA JUGA:7 Makanan Sahur Agar Kuat Puasa Buat Si Kecil

3. Wedding Organizer
Kemudian belum lengkap namanya kalau bikin perencanaan biaya nikah tanpa memasukkan wedding organizer. Biasanya untuk harga wedding organizer berdasarkan berapa prosi atau berapa undangan yang akan datang ke acara pernikahan. Artinya semakin banyak undangan, maka semakin banyak juga dana yang perlu kamu persiapkan.

Harga wedding organizer untuk 600 porsi alias 300 undangan mulai dari Rp42 juta sampai Rp80 juta saja. Sedangkan untuk 800 porsi atau 400 undangan, kamu hanya perlu menyiapkan dana mulai dari Rp 60 juta saja.

4. Busana dan Tata Rias
Ada juga hal yang perlu kamu masukkan ke dalam biaya rencana nikah selanjutnya adalah busana dan tata rias. Hal dasar ini tentu harus kamu masukkan ke dalam list perencanaan, agar nantinya kamu bisa tampil sesuai dengan apa yang kamu inginkan saat pernikahan.

Jika kamu ingin menyewa busana maka biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih murah, bisa sekitar Rp500 ribu sampai Rp1 juta saja. Sedangkan kalau mau menjahit busana sendiri biayanya tentu akan jauh lebih mahal, dana yang perlu dikeluarkan mulai dari Rp3 juta saja.

Sementara untuk biaya make up atau tata rias kamu perlu merogoh kocek dalam karena memang biaya yang dikeluarkan cukup mahal. Biasanya dana yang perlu dikeluarkan mulai dari Rp700 ribu untuk satu orang, alasan disebut mahal karena kamu harus memesan biaya untuk keluarga lainnya.

5. Dokumentasi
Nggak lengkap namanya kalau kamu belum memasukkan dokumentasi ke dalam biaya perencanaan nikah, karena pernikahan adalah momen yang penting makanya perlu pintar-pintar memilih jasa dokumentasi. Biaya yang perlu kamu siapkan untuk dokumentasi mulai dari Rp1 juta sampai Rp5 juta saja.

BACA JUGA:Selain Pahala Dilipatgandakan, Ustaz Adi Hidayat Jelaskan 4 Keistimewaan Bulan Ramadhan

6. Katering
Sama halnya dengan wedding organizer, biaya yang perlu dikeluarkan untuk catering tentu saja nggak sedikit karena tergantung pada pax atau berapa porsi yang dipesan. Catering pernikahan biasanya sudah didasarkan paket apa yang dipilih, jadinya lebih mudah deh kalau mau memesannya. Kisaran harga yang perlu kamu persiapkan berkisar Rp12 juta untuk 300 pax atau 300 tamu.

7. Hiburan
Selanjutnya yang harus kamu masukkan ke dalam list biaya perencanaan pernikahan adalah bagian hiburan atau entertainment. Hal yang dimaksud disini adalah MC atau band yang tujuannya memandu sekaligus memeriahkan acara. Biasanya harga yang harus dipersiapkan untuk band wedding sekitar Rp2 juta sampai Rp4 juta untuk durasi selama 3 jam.

Sedangkan untuk MC, kamu perlu menyiapkan dana mulai dari Rp1 juta. Namun ada juga wedding organizer yang sudah include atau termasuk jasa entertainment ini jadi kamu nggak perlu bingung atau khawatir lagi deh!
Jenis Investasi untuk Persiapan Nikah

Jika kamu sudah mengetahui semua rincian biaya nikah sederhana seperti yang dijelaskan di atas, maka hal yang perlu diketahui selanjutnya adalah jenis investasi untuk persiapan nikah. Hal ini tentu saja diperlukan buat kamu yang mau menabung agar nanti nggak perlu menyiapkan dana besar lagi deh!

BACA JUGA:Raih Podium Tertinggi, Pebalap Astra Honda Lanjutkan Kejayaan di Asia Talent Cup Qatar

Ada beberapa jenis investasi untuk persiapan nikah yang bisa kamu coba mulai dari sekarang, diantaranya:

1. Emas
Jenis investasi untuk persiapan nikah pertama yang bisa kamu coba adalah emas. Investasi satu ini kini memang cukup populer karena memiliki resiko yang minim, ditambah lagi harga emas yang selalu naik setiap tahunnya.Maka dari itu nggak heran kalau banyak yang menyebut emas cocok banget dijadikan sebagai investasi persiapan nikah, khususnya buat kamu yang punya rencana nikah 5 tahun mendatang.

2. Deposito
Ada juga jenis investasi persiapan nikah yang bisa kamu coba selanjutnya adalah deposito. Hal ini dikarenakan investasi jenis ini punya resiko paling rendah, jadinya sangat aman buat para pemula seperti kamu. Ditambah lagi, simpanan deposito biaya dijamin LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan, jadinya keamanannya nggak perlu dipertanyakan lagi deh!

Surat berharga negara ritel
Jenis investasi persiapan nikah lainnya yang bisa kamu coba adalah SBN ritel atau singkatan dari surat berharga negara ritel. Kamu bisa melakukan investasi SBN ritel ini saat Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko mulai membuka penawarannya. Kalau kamu ingin mendapatkan untung banyak maka, harus menginvestasikan dana cukup besar untuk kebutuhan pernikahan mendatang.

BACA JUGA:Pelopor Keselamatan Berkendara, Astra Motor Bengkulu Edukasi Safety Riding di Koperasi TKBM

3. Reksadana
Selanjutnya jenis investasi persiapan nikah yang mungkin mau kamu coba adalah reksadana. Jenis investasi satu ini sangat cocok buat kamu yang ingin menabung untuk jangka panjang hingga jangka pendek. Caranya pun cukup mudah, tinggal menyesuaikan dengan profil investasi sekaligus resiko yang ditawarkan.

Namun kalau kamu ingin mulai investasi reksadana maka ada beberapa hal yang perlu diketahui yaitu, harus tahu seluk beluk tentang investasi. Tujuannya agar kamu lebih paham resiko apa yang terjadi sekaligus bagaimana cara mengatasinya, jadi jangan sampai ikut-ikutan teman aja ya!

4. Saham
Kalau kamu punya rencana pernikahan yang masih lama, tapi ingin mulai berinvestasi sejak sekarang  maka bisa banget  pilih jenis investasi saham. Kamu nggak perlu khawatir soal modal yang dikeluarkan, karena kini banyak saham yang membutuhkan modal terjangkau mulai dari Rp100 ribu saja.

BACA JUGA:Mau Mudik Gratis Bersama PT Jasa Raharja, Ini Syaratnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: