Cara Bekerja di Malaysia untuk Lulusan SMA Lowongan & Syaratnya

Cara Bekerja di Malaysia untuk Lulusan SMA Lowongan & Syaratnya

malaysia masih menjadi salah satu tujuan bekerja untuk warga indonesia--

Lowongan Kerja di Malaysia Lulusan SMA
Jika mencari di agen penyalur tenaga kerja Malaysia untuk lulusan SMA, bisa saja Anda tidak selalu mendapatkannya setiap saat. Anda hanya bisa mendapatkan info pada periode tertentu saja.  Di agen penyalur tenaga kerja Malaysia, untuk lowongan kerja perempuan biasanya ada di sektor formal manufaktur/pabrik/industri elektronik. Sementara untuk lowongan kerja laki-laki biasanya ada di sektor formal konstruksi abngunan dan perkebunan sawit.

Jika ingin mencari lowongan kerja di Malaysia secara mandiri, Anda bisa menelusuri beberapa website terpercaya berikut ini.
- GrabJobs (grabjobs.co)
- Maukerja (www.maukerja.my)
- Hiredly (my.hiredly.com)
- Jobstreet (www.jobstreet.com.my)
- Mudah (www.mudah.my)
- Malaysia.recruit (malaysia.recruit.net)
- Jobstore (jobstore.com)
- Jobsinnetwork (jobsinnetwork.com)
- Linkedin Malaysia (linkedin.com)
- Jooble (my.jooble.org).

Dengan ribuan lowongan kerja di Malaysia, pasti Anda bisa menemukan pekerjaan up to date yang Anda cari. Lebih baik memang jika Anda bisa bekerja sesuai dengan keterampilan.

BACA JUGA:Hukum Puasa Ramadhan Tanpa Sholat Tarawih, Berikut Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Bisakah Memilih Job di Agen Terkait?
Satu hal ini menjadi pertanyaan bagi banyak orang. Bisakah PMI memilih job di agen terkait? Ada agen yang menawarkan kesempatan tersebut, ada juga yang tidak. Jika Anda mendapat kesempatan untuk memilih job, pilihlah yang menurut Anda bisa membuat Anda enjoy. Apakah menjadi nanny (pengasuh anak), ART, perawat lansia, atau lainnya.

Seandainya menjadi nanny, itu bisa menjadi hiburan tersendiri. Terutama jika Anda menyukai anak kecil. Anda bisa bekerja, sekaligus bermain bersama Si Kecil.Sementara jika menjadi perawat lansia, memang sedikit menjenuhkan karena biasanya Anda hanya boleh untuk merawat saja tanpa melakukan pekerjaan lain. Tapi positifnya, fokus kerja Anda hanya satu.

Tips Kerja di Malaysia
Sebagai pemula, rawan sekali Anda terjebak dalam iming-iming belaka. Oleh karena itu, tips ini bisa Anda terapkan ketika ingin mendaftar kerja di Malaysia untuk meminimalisir risiko yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:Sambil Menunggu Adzan Maghrib, Yuk Lakukan Kegiatan Ramadhan Anak Ini!

- Riset tempat kerja dan pastikan memang tempat kerja tersebut beroperasi
- Pastikan memilih agen resmi dan kredibel
- Baca kontrak dengan teliti
- Konsultasi dengan pihak berwenang
- Kenali calon bos/majikan
- Pastikan modal mencukupi dan dalam batas wajar
- Bangun networking dengan orang-orang yang sudah kerja di Malaysia lebih dulu. Banyak TKI yang bekerja di Malaysia Timur dan Malaysia Barat
- Fasilitas apa saja yang Anda dapatkan
- Siap mental.

Itulah info terkait kerja di Malaysia lulusan SMA. Mumpung masih muda, usahaan tujuan kerja di Malaysia jangan semata-mata ingin mendapatkan penghasilan, tetapi juga mencari pengalaman, liburan, bahkan bisa berkarir di perusahaan Malaysia.

BACA JUGA:Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Tepat

Ikuti dengan sungguh-sungguh semua prosedur kerja di Malaysia, mulai dari proses perekrutan seperti pengurusan dokumen, pelatihan/pendidikan, penampungan, persiapan pemberangkatan, pemberangkatan sampai negara tujuan, hingga pemulangan dari negara tujuan.(**)


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: