Amalan-amalan Bagus untuk Menyambut Ramadhan, Buya Yahya Wanti-wanti Tentang Ini

Amalan-amalan Bagus untuk Menyambut Ramadhan, Buya Yahya Wanti-wanti Tentang Ini

Buya Yahya jelaskan amalan-amalan bagus sebelum ramadhan-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Ada beberapa amalan yang dapat dilakukan untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhan.

Berikut adalah amalan-amalan yang disarankan oleh Penceramah Buya Yahya:

Persiapan menjelang bulan Ramadan, menurut Buya Yahya, tidak hanya terbatas pada amalan-amalan lahiriah atau ritual semata.

BACA JUGA:Amalan Menyambut Bulan Ramadhan, Buya Yahya Ingatkan Prihal Ini

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Ruwahan Sebelum Ramadhan? Berikut Penjelasan Buya Yahya

Selain itu, Buya Yahya menegaskan pentingnya memperhatikan amal batin, yaitu keadaan hati yang dipenuhi dengan kerinduan akan kedatangan bulan suci tersebut.

Seperti yang sudah diketahui, dalam bulan Ramadhan umat Islam diwajibkan untuk menjalankan puasa selama 30 hari atau satu bulan penuh.

Selain menjalankan puasa di siang hari, pada malamnya sangat dianjurkan bagi umat Muslim untuk meningkatkan ibadah qiyamul lail atau sholat-sholat malam, termasuk di antaranya shalat Tarawih, shalat Tahajud, shalat Witir, dan lain sebagainya.

Buya Yahya menjelaskan bahwa yang pertama kali harus dilakukan oleh umat Muslim dalam menyambut bulan Ramadhan bukan hanya melaksanakan amal-amal secara lahiriyah, tetapi juga memperdalam amal-amal batiniah atau spiritual.

Hal tersebut disampaikan Buya Yahya dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Buya Yahya.

"Amalan ada amal anggota tubuh, jidat digunakan untuk sujud, lisan untuk membaca ayat Alquran, itu semua disebut amal dzhohir. Dan ada pula amal batin, pertama kali harus Anda lakukan amal batin," terang Buya Yahya.

Amal batin tersebut melibatkan introspeksi diri untuk memahami sejauh mana hati dan pikiran kita memahami serta merindukan bulan Ramadhan, termasuk menghayati keagungan dan kemuliaan yang terkandung dalam bulan tersebut.

Oleh karena itu, langkah awal dalam menyambut Ramadhan adalah menumbuhkan kerinduan yang mendalam di dalam hati agar dapat menjalani bulan Ramadhan dengan penuh ibadah dan kekhusyukan.

BACA JUGA:Bolehkan Ziarah Kubur Sebelum Ramadhan? Berikut Penjelasan Buya Yahya dan Ustadz Abdul Somad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: